Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal 4 Makanan Boba yang Sedang Hits, dari Sushi sampai Indomie Boba

JAKARTA, KOMPAS.com - Boba atau bola tepung tapioka saat ini sedang menjadi tren di kota-kota besar Indonesia. Tak hanya menjadi topping minuman, boba nyatanya juga menjadi topping untuk berbagai makanan.

Uniknya jika boba identik dengan minuman manis, maka saat menjadi topping makanan ia tak melulu melengkapi makanan manis. Ada juga restoran atau kafe yang membuat kreasi makanan gurih dengan topping boba.

KompasTravel berkesempatan untuk mencoba aneka makanan dengan toping boba di sesi Blind Review episode 2: Makanan Boba Rekomendasi dari Apps PergiKuliner.

Berikut ini adalah rangkuman dari berbagai rasa makanan dengan toping boba yang direkomendasi oleh PergiKuliner. Tentunya kembali lagi, setiap orang memiliki selera yang berbeda:

1. Boba Cake, Benedict

Restoran Benedict meluncurkan cake boba. Cake ini merupakan kue sponge dengan lapisan earl grey butter cream, yang di atasnya diberi siraman cream cheese dan boba gula merah.

Secara rasa, boba cake dari Benedict ini didominasi oleh rasa earl grey yang memberi aroma dan rasa teh yang kuat. Tekstur kue sangat lembut sampai meleleh ketika di mulut.

Sedangkan boba gula merah sebenarnya hanya berperan sebagai pelengkap tekstur kenyal, karena rasa earl grey lebih mendominasi. Komposisi cream cheese yang diberikan juga terbilang sedikit untuk ukuran cake yang besar. Bagi pecinta boba, cake satu ini layak untuk dicoba. Satu potong cake boba dihargai Rp 60.000.

Gerai Benedict berada di Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, East Mall. Jalan MH Thamrin, Thamrin, Jakarta Pusat.

2. Boba Pan, Banban

Boban pan adalah roti bakar yang dengan topping cream cheese dan boba gula merah. Hidangan manis ini dijual oleh gerai minuman Banban. Boba pan yang disajikan berupa roti bakar satu slice. Hal yang menarik adalah cream cheese yang diberikan terbilang sangat royal. Bahkan sampai memenuhi semua bagian roti bakar.

Roti bakar dengan tekstur lebih kasar dari cake, ternyata berpadu sempurna dengan cream cheese. Sehingga membuat tekstur roti bakar jadi lebih lembut, tetapi jika lama tidak dimakan bisa beresiko menjadi benyek. Gula merah dari boba juga sangat terasa, sehingga memberi aroma tersendiri.

Boba pan dihargai Rp 25.000 dan dijual di gerai Banban salah satunya di Grand Indonesia Mall, Lantai Lower Ground, West Mall. Jalan MH Thamrin, Thamrin, Jakarta Pusat.

3. Boba Sushi, Baiza Sushi

Setelah makanan manis, kini giliran makanan gurih dengan topping gurih. Boba sushi dari Baiza Sushi digadang sebagai sushi dengan toping boba pertama di dunia. Varian sushi yang dijual dengan boba adalah Spicy Salmon Roasted Boba.

Jadi ada topping irisan daging salmon mentah dengan saus mayonaise pedas dan toping boba. Tenang, boba yang dijadikan toping tidak memiliki rasa manis. Hanya rasa tawar, jadi boba cuma menambah tekstur rasa sushi. Tanpa boba sekalipun, rasa sushi sebenarnya sudah lezat. Sedangkan tekstur boba disantap dengan nasi, ada yang menyukai, ada juga yang tidak.

Baiza Sushi juga menjual Salmon Salad Boba dan Mango Sticky Sushi untuk makanan pembuka dan penutup. Harga sushi boba di Baiza Sushi dihargai Rp 57.500 per porsi.

Alamat Baiza Sushi di Jalan Kemang Utara No. 29 (Seberang Ducati Kemang), Kemang, Jakarta Selatan.

Boba yang dijadikan topping memiliki rasa tawar, dengan tekstur yang berbeda dari boba kebanyakan. Hanya ada tekstur kenyal dan tidak ada tekstur keras di inti boba.

Ketika menyantap mie goreng dengan boba, tekstur boba justru mirip telur rebus. Rasa boba sendiri juga tak terasa lantaran ada saus keju yang mendominasi.

Bisa dibilang mie goreng toping boba ternyata punya rasa yang terbilang oke dibanding tampilannya yang kurang meyakinkan.

Harga satu porsi mie goreng boba Rp 20.000. Gerai Ropang OTW di Jalan Tebet Utara Dalam No. 2A, Tebet, Jakarta Selatan.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/21/142208327/menjajal-4-makanan-boba-yang-sedang-hits-dari-sushi-sampai-indomie-boba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke