Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menarilah Bersama Penari Enu Deng Lipa Songke Manggarai Timur

Orang Manggarai Timur selalu menyebutnya tarian Enu Deng Lipa Songke atau seorang gadis memakai kain tenun lipa Songke. Penata tari dari SMPN I itu terinspirasi dengan lagu yang diciptakan oleh musisi NTT, Ivan Man dengan judul, "Enu Deng Lipa Songke".

Lirik lagunya, “Enu deng lipa songke, lelo tadang mai manik laing weta ge..." dipadukan dengan alunan musik.

Malam Tos Kenegaraan saat puncak HUT Ke-74 Republik Indonesia tingkat Kecamatan Kota Komba, Sabtu (17/8/2019), dimeriahkan oleh para penari tradisional dan modern dari berbagai sekolah di sekitar Kota Waelengga, mulai dari SD hingga SMA.

Dari sekian sekolah yang ada di sekitar Kota Waelengga, ibukota Kecamatan Kota Komba yang menampilkan atraksi seni tari tradisional adalah sekelompok penari dari Sekolah Menengah Pertama Negeri I Kota Komba.

Sekolah-sekolah di Manggarai Timur dari tingkat SD hingga SMA selalu menampilkan tarian ini dalam berbagai event-event budaya dan pariwisata.

Camat Kota Komba, Hermenegildus P Athman saat Malam Tos Kenegaraan di Teras Kantor Kecamatan Kota Komba, Sabtu (17/8/2019), menjelaskan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dapat dilakukan dengan berbagai kreasi yang dikemas oleh generasi penerus bangsa.

Salah satunya di lembaga pendidikan dari tingkat SD hingga perguruan Tinggi.

“Saya sangat bangga dengan melihat kreasi anak sekolah di Kota Komba yang terus merawat, menjaga dan mengembangkan seni tari yang diwariskan leluhur orang Manggarai Timur. Kreativitas ini terus ditingkatkan dan dilaksanakan di sekolah-sekolah di Kecamatan Kota Komba,” jelasnya.

Menjaga Warisan Lipa Songke

Athman menjelaskan, para penari yang membawakan atraksi seni tari memakai kain tenun songke dipadukan dengan Bali Belo serta baju kebaya untuk menjaga warisan Lipa Songke.

“Warga yang menyaksikan tarian Enu Deng Lipa Songke sungguh terhibur dengan penampilan dari generasi muda penerus bangsa di SMPN I Kota Komba. Bahkan, tarian itu sungguh memeriahkan HUT ke-74 RI tingkat Kecamatan Kota Komba,” katanya.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/22/110400427/menarilah-bersama-penari-enu-deng-lipa-songke-manggarai-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke