Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ragam Wisata di Kalimantan Timur, Calon Lokasi Ibu Kota Negara

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebut lokasi ibu kota baru berada di Provinsi Kalimantan Timur. Namun, Sofyan masih mengunci rapat di mana persisnya lokasi ibu kota baru tersebut.

Pada Mei 2019, Presiden Joko Widodo pernah mengunjungi salah satu satu lokasi bernama Bukit Soeharto di Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lokasi tersebut digadang-gadang akan menjadi lokasi ibu kota negara Indonesia.

Kalimantan Timur memendam berbagai pesona wisata yang tidak kalah dari daerah lain di Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber, KompasTravel merangkum 10 pesona wisata Kalimantan Timur :

1. Batu Dinding

Merupakan gugusan batu kapur yang mengintari Sungai Mahakam Ulu. Panjang 800 meter dengan ketinggian 100-200 meter, membuat tempat ini menjadi spot indah untuk melihat matahari terbenam.

Permandangan alam seperti hutan lebat dan panorama khas pegunungan, menunggu kamu yang berencana datang ke tempat ini. Kamu harus berangkat dari Balikpapan dan terus mengintari jalan raya menuju ke Samarinda.

2. Goa Losan

Goa satu ini berada di jalur Kalimantan Timur dan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam. Goa ini menyimpan berbagai jenis bebatuan degan nilai tukar yang fantastis. Karena itulah, untuk masuk ke goa ini, kamu harus didampingi oleh satu pemandu wisata agar memsatikan kamu tidak melakukan pengambilan batu dalam gua.

Untuk masuk ke goa ini cukup murah, cukup mengeluarkan uang Rp 5000 per orang.

3. Jantur Inar

Merupakan air terjun dengan ketinggian 30 meter. Kamu bisa menemukan air terjun ini di kawasan Kutai Barat. Konon katanya, mereka yang berwisata kesini bisa menilhat pelangi yang keluar dari sela-sela air terjun ini.

Aksesnya cukup mudah, dengan menaiki kendaraan roda empat dari Kota Sendawar.

Kamu bisa menikmati pesona alam layaknya dihutan pada umumnya. Kamu juga bisa melihat berbagai jenis burung dan bekantan asli Kalimantan.

5. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat wisata ini merupakan daerah buatan lengkap dengan berbagai wahana untuk pengunjung. Replika hutan dengan kayu-kayu khas Kalimantan menjadi salah satu wisata edukasi pilihan masyarakat. Ada juga pedopo dan restoran di mana pengunjung bisa bersantai menikmati alam.

Wahana yang disediakan pun cukup beragam, salah satunya flying fox. Tempat wisata ini berada di tengah Kota Samarinda.

6. Danau Labuan Cermin

Merupakan salah satu danau indah yang berada di Kalimantan yang berada di Labuan Kelambu, Kabupaten Berau. Uniknya, kamu bisa melihat fenomena dimana air laut dan air tawar menjadi satu di sini.

Hal inilah yang membuat warna dari danau ini hijau kebiruan. Untuk mencapai tempat ini, kamu harus menaiki sampan tradisional masyarakat setempat.

Kamu bisa menikmati suasana sunyi hutan dan berinteraksi dengan satwa dilindungi, seperti beruang madu dan orangutan.

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus menyewa perahu dari nelayan di Dermaga Bontang Kuala dan berlayar sekitar 40 menit.

9. Pantai Melawai

Merupakan pantai indah nan terkenal yang terletak di Balikpapan. Kamu bisa menikmati bermain air dipinggir pantai dan berwisata kuliner di sekitaran pantai. Lihat ke arah laut pada sore hari, dan kamu bisa menikmati matahari terbenam tanpa terhalang bukti sedikitpun.

Untuk mencapai pantai ini, kamu bisa menaiki banyak angkutan umum dari Kota Balikpapan.

10. Danau Jempang

Berada di Kabupaten Kutai Barat dan merupakan terbesar di Kalimantan Timur. Uniknya, dalam kurun waktu 5 tahun sekali danau ini akan mengering menyerupai gurun pasir padahal kedalaman dari danau ini mencapai 7-8 meter. Kamu bisa menikmati kekayaan flora dan fauna yang ditawarkan di tempat ini.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/22/191608327/10-ragam-wisata-di-kalimantan-timur-calon-lokasi-ibu-kota-negara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke