Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Soto Triwindu yang Jadi Favorit Jokowi di Kota Solo

Warung makan ini merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Kota Solo. Pelanggannya pun beragam. Bahkan menurut salah satu pemilik Soto Triwindu, Wati, pelanggan soto ini berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, hingga Malaysia.

Warung soto berada di alan Teuku Umar, Solo, Jawa Tengah dan mudah dijangkau dari tempat jual-beli barang antik, Pasar Triwindu.

Berdiri sejak tahun 1939, tampilan warung soto ini mempertahankan ciri klasik dengan meja makan yang unik.

Semangkuk soto dijual dengan harga Rp 16.000. Selain soto, di tempat ini, pelanggan juga dapat menemukan aneka lauk-pauk khas seperti tempe daun, lentho, hingga mendoan.

Wati menuturkan, keunikan rasa pada Soto Triwindu terletak pada kuahnya. Kuah soto, sebut Wati, berwarna bening namun memiliki cita rasa daging sapi yang khas.

"Kuahnya (soto) lebih enak dan lebih legit," ujar Wati.

"Dagingnya dimasukkan ke kuali. Legitnya memang kaldu dari daging yang langsung dimasak bersama dengan kuah di dalam kuali," tutur dia.

Wati mengatakan, dalam memasak soto, dia dan keluarganya yang mengelola bisnis ini masih mempertahankan resep asli. Untuk itu, meski nama Soto Triwindu sudah terkenal, dia belum berpikir untuk membuka cabang warung soto di tempat lain.

Menurutnya, dengan membuka cabang baru akan membuat cita rasa soto berbeda. Ditambah, jika rasa di tempat baru berbeda, maka akan memengaruhi persepsi pelanggan akan rasa Soto Triwindu.

Wati menuturkan, beberapa di antaranya adalah Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Mantan Menteri Penerangan era presiden Soeharto, Harmoko, hingga artis seperti Kaka Slank.

Nama Triwindu sendiri ada karena pada zaman dulu, warung soto ini berada di dekat Pasar Triwindu. Sebelumnya, warung soto diberi nama Pringgondani.

"Sotonya dekat Pasar Triwindu, nah pelanggan yang mau makan menyebutnya Soto Triwindu karena dekat pasar," ucap Wati.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/26/200000427/menikmati-soto-triwindu-yang-jadi-favorit-jokowi-di-kota-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke