Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Anti Telat Naik Pesawat saat Liburan

Sebenarnya ada beberapa tanda keterlambatan jadwal berangkat pesawat. Berangkat dari hal tersebut maka ada cara untuk menghindari pesawat yang delayed. Berikut beberapa cara untuk menghindari pesawat delayed:

1. Ambil jadwal penerbangan pagi

Maskapai umumnya melakukan perawatan dan pemantauan pesawat sejak malam hari. Kamu bisa memesan saat pagi hari sudah siap untuk menjalankan pesawat.

Pada sore hari cuaca buruk juga cenderung lebih mudah terjadi dibanding pagi hari. Jadi lebih baik mengambil jadwal penerbangan pagi hari.

2. Periksa ketepatan waktu maskapai

Di zaman digital, sangat mduah melihat rekam jejak On Time Performance atau jadwal ketepatan waktu berangkat dan mendarat sebuah maskapai.

Sebelum membeli, cobalah untuk melihat jejak maskapai tersebut. Bahkan maskapai di luar negeri juga punya rekam jejak delayed atau terlambat yang tinggi.

3. Bijak pilih bandara

Di beberapa kota besar dunia, biasanya ada lebih dari satu bandara. Sama seperti maskapai, bandara juga memiliki rekam jejak ketepatan waktu keberangkatan.

Selain itu ada maskapai yang cenderung diliputi cuaca yang kurang baik dibanding cuaca lainnya.

4. Pakai aplikasi khusus untuk melacak pesawat

Ada beberapa pilihan aplikasi untuk melacak keberadaan pesawat. Hal ini terbilang penting, sebab menurut Travel and Leisure, rata-rata maskapai ragu untuk mengumukan keterlambatan jadwal pesawat.

Umumnya mereka akan memberi tahu penumpang dekat waktu keberangkatan. Jadi kamu sebenarnya bisa mencari tahu dimana letak keberadaan pesawat lewat aplikasi.

5. Periksa informasi sebelum berangkat

Delayed terburuk adalah saat penumpang telah masuk ke kabin pesawat tetapi tak kunjung berangkat. Jika hal itu terjadi kamu tidak punya pilihan selain menerima kebijakan maskapai.

Namun ada baiknya memeriksa informasi keterlambatan pesawat sebelum berangkat ke bandara.

Jika memang ada delayed panjang lebih dari dua jam, kamu bisa membatalkan penerbangan dan meminta uang tiket kembali.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/26/210300127/5-cara-anti-telat-naik-pesawat-saat-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke