Salin Artikel

Watu Goyang, Tempat Menikmati Keindahan Senja di Yogyakarta

Obyek wisata ini hanyalah salah satu dari sekian banyak tempat di Yogyakarta yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Terlebih, musim kemarau membuat cuaca cenderung cerah sehingga keindahan matahari terbenam menjadi lebih memungkinkan untuk terlihat.

Watu Goyang tepatnya terletak di Dusun Giriloyo, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta, jaraknya kurang-lebih 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Pemandangan terbuka ke arah barat

Salah satu alasan mengapa Watu Goyang menjadi lokasi untuk menyaksikan sunset adalah pemandangan ke arah barat yang terbuka.

Itu karena obyek wisata ini berada di lereng bukit sebelah barat sehingga tidak ada sesuatu yang menghalangi pemandangan ke arah cakrawala barat.

Hamparan dataran rendah, mulai dari Kota Yogyakarta di sisi barat laut ke arah selatan sampai Kabupaten Bantul terlihat dengan jelas dari Watu Goyang.

Jika cuaca cerah, kawasan pantai selatan Yogyakarta mulai dari Parangtritis ke arah barat juga bisa disaksikan dari Watu Goyang.

Pemandangan itu bisa disaksikan kapan saja dengan catatan kondisi cuaca mendukung. Tidak perlu menunggu sore tiba jika ingin menikmati keindahan panorama yang tersaji di Watu Goyang.

Keindahan matahari terbenam di Watu Goyang

Bagi para pemburu keindahan matahari terbenam, Watu Goyang seolah menjadi obyek wisata yang wajib dikunjungi.

Kunjungan paling pas dilakukan sekitar pukul 15.30 WIB agar bisa lebih puas menikmati panorama yang tersaji dari sana.

Salah satu spot foto terbaik di Watu Goyang adalah semacam helipad yang menjorok ke arah barat. Dari sana, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hamparan terbuka sisi barat yang memesona.

Saat momen sunset tiba, keindahan panorama terbuka dari ketinggian dan matahari oranye di ujung barat menjadi perpaduan yang sempurna. Pemandangan semacam itu menjadi primadona bagi para fotografer.

Hasil jepretan akan lebih sempurna jika melengkapi perangkat fotografi dengan filter ND.

Hal itu akan membuat obyek foto tetap terang dengan tetap mempertahankan detail latar belakang sunset agar tidak terlalu terang.

Spot foto favorit lainnya ada di atas batu yang ada di atas helipad. Spot foto itu dilengkapi dengan tulisan Watu Goyang.

Dua pohon di kanan-kiri batu tersebut membentuk semacam bingkai foto yang semakin mempercantik hasil jepretan.

Usai matahari terbenam, keindahan yang tersaji di Watu Goyang belumlah usai. Gemerlap lampu Kabupaten Bantul dan Yogyakarta terlihat begitu indah. Pemandangan itu cocok bagi pencinta fotografi malam.

Namun saat KompasTravel berkunjung ke Watu Goyang pada Hari sabtu (24/08/2019) lalu, belum ada lampu sorot untuk menerangi obyek foto.

Oleh karena itu jika ingin berfoto malam di Watu Goyang, bawa perangkat seperti senter atau flash eksternal.

Selain itu, angin dari arah timur juga berembus cukup kencang pada musim kemarau. Bawa jaket tebal agar tidak kedinginan saat akan berfoto malam di Watu Goyang.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/27/171100027/watu-goyang-tempat-menikmati-keindahan-senja-di-yogyakarta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.