Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menyantap Sukiyaki Don agar Tambah Nikmat

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukiyaki donburi atau disingkat menjadi sukiyaki don semakin mudah ditemui di Indonesia.

Banyak restoran ala Jepang di kota besar Indonesia yang menjual hidangan nasi dengan topping daging bumbu sukiyaki nan manis.

Untuk menyantap sukiyaki don agar tambah nikmat, ada cara tersendiri. Namun yang perlu kamu ketahui sebelumnya adalah makanan pelengkap sukiyaki don.

Biasanya selalu ada onsen egg (telur seperempat matang) dan saus sukiyaki.

"Untuk cara makan sukiyaki don ini ada beberapa cara. Untuk konsumen yang tidak suka nasi yang terlalu kering dapat menyiram dengan saus sukiyaki esktra dari mangkuk kecil," jelas manajer restoran sukiyaki don Isshin, Frederick di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Frederick menyarankan bagi tamu untuk mencicipi dahulu rasa saus sukiyaki dan menuangkan sedikit demi sedikit ke nasi. Jika dituang sekaligus, rasa nasi beresiko terlalu asin atau manis.

"Kami sendiri menyarankan untuk dagingnya saja yang dicelup ke saus ekstra," jelas Frederick.

Selanjutnya adalah telur onsen. Ada dua fungsi telur onsen bagi sukiyaki don. Pertama untuk memberi keseimbangan rasa dan yang kedua untuk menambah tekstur creamy pada nasi saat disantap.

Jika ingin memberi keseimbangan rasa, Frederick menyarankan konsumen untuk mencelup daging ke telur onsen terlebih dahulu kemudian ke saus sukiyaki. Dengan ini daging terasa lebih creamy dan berbumbu.

"Bagi yang tidak suka daging terlalu berbumbu bisa celupkan ke saus sukiyaki dulu, baru ke telur. Jadi rasanya diminimalisir dengan telur," kata Frederick.

Cara terakhir adalah menyiram telur onsen ke mangkuk nasi, kemudian mengaduknya bersamaan dengan daging, tahu, serta jamur.

Semua ini bisa dilakukan sesuai selera konsumen. Jadi jangan segan untuk bereksperimen saat menyantap sukiyaki don untuk menimbulkan rasa yang berbeda.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/29/065337327/cara-menyantap-sukiyaki-don-agar-tambah-nikmat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke