Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syahrini Diusir Satpam, 7 Tips Aman Nonton Teater agar Tak Bermasalah

KOMPAS.com - Syahrini diusir satpam menyaksikan drama musical Aladdin bersama keluarga di Sands Theatre, Marina Bay Sands, Singapura. Di tengah serunya acara drama musical, istri dari Reino Barack sampai diusir keluar dari studio.

Saat keluar, Syahrini nampak memegang sepasang sepatu yang ternyata dimiliki oleh keponakannya, Raja. Sepatu ini tampak kelap-kelip bersinar layak lampu disko.

Sepatu yang menyala dalam gelap, menganggu fokus dari penonton sehingga isti dari Reino Barack ini diminta untuk mematikan lampu sepatu Raja di luar teater. Kejadian ini sempat viral di sosial media dari video yang diambil oleh teman Syahrini.

Untuk kamu yang berencana ingin menyaksikan pertunjukan di teater, tapi tidak mau bernasib sama dengan Syahrini. Berikut KompasTravel merangkum tips menonton pertunjukan di teater

1. Masuk 15 menit sebelum acara dimulai

Pertunjukan teater menampilkan alur cerita di setiap bagiannya. Tidak jarang penonton dihimbau untuk menyimak pertunjukan dari awal hingga akhir. Orang yang lalu lalang mencari tempat duduknya saat pertunjukan, akan menganggu pengalaman penonton yang lainnya.

Beberapa teater mengharuskan kamu untuk duduk 15 menit sebelum acara dimulai. Terlambat datang dan kamu harus menunggu hingga jeda pertunjuka untuk dapat masuk.

Memang, mayoritas pertunjukan di teater dikhususkan untuk orang dewasa (umur 18 keatas). Tapi, tidak jarang teater menampilkan pertunjukan yang beralur cerita tontonan anak kecil, contohnya pertunjukan musical Alladin di Sands Teater.

Meskipun dipertuntukan untuk anak kecil, hal ini bukan berarti anak-anakmu dapat menonton acara ini sendiri. Untuk anak umur 12 tahun kebawah, beberapa teater mengharuskan adanya pengawasan dari orang dewasa.

Jadi, temani anakmu atau lupakan menonton pertunjukan yang disediakan oleh teater.

3. Perhatikan peringkat konten

Pertunjukan di teater memiliki tema dan cerita yang berbeda-beda. Ada pertunjukan yang beralur cerita romansa ala orang dewasa, ada juga yang menampilkan drama musikal anak kecil.

Biasanya pihak penyelengara menetapkan umur minimal untuk semua penonton pertunjukan.

Untuk kamu yang berencana menonton acara di Sands Teather, pemerintah mengatur peringkat konten acara dengan beberapa kode :

PG13 - Bimbingan orang tua untuk anak di bawah 13
NC16 - Tidak ada anak di bawah 16 tahun
M18 - Dewasa 18, untuk orang 18 tahun ke atas
R21 - Terbatas untuk orang yang berusia 21 tahun ke atas

Biasanya saat membeli tiket, penyelengara akan meminta foto identitas para pembeli tiket.

4. Matikan dering ponselmu

Bayangkan kamu sedang ada melihat adegan menegangkan gaya negeri dongeng. Di saat sang pangeran ingin melawan si penyihir, tiba-tiba nada dering ponsel berbunyi. Pastinya akan sangat menganggu dan membuyarkan imagi pertunjukan.

Maka dari itu, teater melarang pengunaan ponsel di dalam teater. Pijaran caya dari layar ponsel, juga dapat menggangu penonton lain. Apabila ponselmu meganggu penonton lain, pihak penyelengara memiliki hak untuk mengeluarkanmu dari teater.

5. Merekam video

Hal inilah yang seringkali di langgar oleh mayoritas penonton. Merekam gambar merupakan aktivitas illegal yang dilindungi oleh undang-undang di dalam teater.

Pasalnya, aktivitas ini membocorkan alur cerita dan isi dari pentas. Langgar aturan ini dan jangan kaget bila kamu langsung dikeluarkan dari teater.

6. Duduk di tempat yang seharusnya

Bila kamu membeli tiket pentas, biasanya tiket akan diseratakan dengan nomor kursi tempat kamu harus duduk. Jangan sekali-kali duduk ditempat yang tidak seharusnya, karena aktivitas ini dianggap illegal oleh pihak penyelenggara.

7. Jangan bawa barang-barang tertentu

Teater melarang pembawaan barang-barang yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan penonton lain. Barang yang dapat menyebabkan hilangnya fokus pemain, seperi laser pointer, peluit, air horn dan terompet dilarang untuk dibawa.

Barang yang menyebabkan ketidakamanan juga dilarang dibawa ke dalam teater, seperti, cutter, pisau, senjata api, semprotan merica dan sebagainya. Segala jenis obat-obatan terlarang juga dilarang keras oleh semua teater di dunia.

Ketahuan membawa benda-benda ini dan siap-siap dikeluarkan dari teater.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/02/154600827/syahrini-diusir-satpam-7-tips-aman-nonton-teater-agar-tak-bermasalah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke