Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Telaga Rowo Bayu, Tempat yang Dikaitkan Kisah KKN Desa Penari

Dilasnir dari TribunTravel, kisah tentang KKN Desa Penari ini awalnya diunggah oleh akun Twitter @SimpleM81378523.

Bergabung di Twitter sekitar februari 2019, akun ini telah memiliki 245 ribu lebih pengikut. Akun ini memang kerap mengunggah cerita-cerita berbau horor dan misteri.

Utasan yang panjang saat digabungkan, membentuk kisah viral ini yang dicuitkan di akun Twitter yang selesai dalam beberapa hari.

Kisah horor nan mencekam yang ditulis dalam kurun waktu 11 hari ini, menunjukkan teka-teki latar tempat di salah satu daerah di Jawa Timur.

Akun tersebut menyatakan cuitan ini ia tulis berdasarkan kisah nyata yang disebut KKN Desa Penari. Meski berdasarkan kisah nyata, akun Twitter @SimpleM81378523 enggan menjelaskan secara rincih lokasi dari KKN.

Namu,  ia sempat mencuit sebuah foto sebuah telaga dalam tweet klarifikasi soal kisah KKN Desa Penari yang merupakan foto Telaga Rowo Bayu Banyuwangi.

Rowo Bayu tidak hanya tempat wisata alam saja, tapi juga sebagai tempat wisata sejarah yang menyimpan misteri sejarah Kerajaan Blambangan.

Di sanam terdapat petilasan Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan, serta ada tiga mata air atau sendang. Ketiga mata air ini memiliki nama Sendang Keputren, Sendang Wigangga dan Sendang Kamulyan.

Sendang Wigangga berbentuk seorang wanita membawa kendi dilengkapi dengan pancuran di kendinya, sedangkan Sendang Kamulyan posisinya berada di belakang petilasan.

Selain itu, ada juga Candi Puncak Agung Macan Putih yang didirikan untuk menghormati roh para leluhur, yang telah berjasa dalam mempertahankan tanah Blambangan saat Perang Puputan Bayu tahun 1771.

Untuk kamu yang berencana mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk mengisi daya ponselmu sampai penuh. Tempat ini sayang dilewatkan untuk mengabadikan gambar dengan sudut-sudut lokasi yang indah. Selain itu, stop kontak akan susah untuk dijumpai disini.

Namun, akun Twitter @SimpleM81378523 menyatakan bahwa foto yang diunggah bukan karena Rowo Bayu Banyuwangi lokasi sungguhan dari kisah KKN Desa Penari. Foto itu digunakan hanya sebagai ilustrasi seperti apa salah satu tempat dalam cerita yang viral di medsos itu.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/06/060000127/mengenal-telaga-rowo-bayu-tempat-yang-dikaitkan-kisah-kkn-desa-penari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke