Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Wonogiri, Bersantai di Pantai Sembukan yang Masih Sepi

Pantai yang masuk kawasan Geopark Gunung Sewu ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Nampu yang sudah banyak dikunjungi. Jika wisatawan ingin mencari alternatif pantai lain selain Nampu yang masih cukup sepi, maka Pantai Sembukan pas untuk dikunjungi.

Saat ini Pantai Sembukan masih relatif lebih sepi daripada Nampu. Mereka yang ingin menikmati keindahan panorama alam berbalut ketenagan bisa melakukannya di sana.

Pantai Sembukan tepatnya berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri adalah sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Pantai Sembukan dengan garis pantai yang sempit

Berbeda dengan Nampu yang garis pantai pasir putihnya panjang. Pantai Sembukan hanya memiliki kawasan pasir putih yang tidak terlalu luas.

Meski demikian, wisatawan masih bisa bermain air di kawasan pasir putih yang tidak terlalu luas itu. Akan tetapi saat air laut surut, bibir pantai akan menyisakan hamparan batu dan karang sehingga kurang nyaman untuk tempat bermain air.

Selain itu seperti lazimnya pantai selatan lain, aktivitas berenang dilarang dilakukan di Pantai Sembukan. Itu karena ombak pantai selatan yang besar sehingga membahayakan siapa pun yang berenang di sana.

Saat air surut, pantai ini paling pas dilakukan untuk foto-foto. Karang yang tidak terjangkau ombak bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto di atasnya.

Keindahan pesisir selatan dari bukit karang Pantai Sembukan

Pesona keindahan Pantai Sembukan ternyata baru akan tersaji jika wisatawan berjalan mengikuti jalan setapak yang kondisinya sudah dicor menuju puncak bukit.

Nantinya, pemandangan pesisir selatan yang begitu indah akan menanti di ujung jalan. Waktu tempuh sampai puncak bukit pun tidaklah jauh, yakni hanya sekitar 10-15 menit saja.

Keindahan Pantai Sembukan yang tampak dari ketinggian pun sudah bisa dinikmati saat dalam perjalanan menuju puncak bukit. Semakin ke atas, maka pemandangan akan semakin terlihat jelas.

Puncak bukit sebelah barat Pantai Sembukan bisa dibiang merupakan gardu pandang. Kondisi puncak bukit juga sudah dipagari dan diberi lantai berwarna merah sehingga aman untuk ditapaki.

Dari puncak bukit, tampak hamparan pesisir selatan yang memanjang ke arah timur. Terlihat pula beberapa obyek seperti Watu Narada di Pantai Buyutan, Tanjung Klayar di kawasan Pantai Klayar, hingga pulau-pulau yang ada di Pantai Kasap.

Sementara sisi barat tidak begitu menampilkan pemandangan pesisir yang memanjang. Itu karena terdapat beberapa bukit karang yang menjorok ke lautan sehingga menghalangi pemandangan jauh ke arah barat.

Namun, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan Pantai Klotok yang tepat berada di sebelah barat Pantai Sembukan dari ketinggian. Salah satu keistimewaan Pantai Klotok adalah adanya reruntuhan dermaga.

Dahulu sekitar tahun 2006. memang ada pembangunan dermaga di Pantai Klotok. Namun, pembangunan dermaga itu tidak berlanjut alias mangkrak.

Kini bangunan dermaga masih ada, meski tidak terawat. Beberapa batu pemecah gelombang juga masih bisa dilihat dari puncak bukit paling barat kawasan Pantai Sembukan.

Selain menyajikan pemandangan pesisir selatan yang memukau, panorama hamparan perbukitan kawasan Geopark Gunung Sewu juga tidak kalah menawan. Hamparan perbukitan itu terlihat bagai dinding raksasa yang memanjang dari Gunungkidul hingga Pacitan.

Tak hanya panorama, suasana yang bisa dinikmati dari puncak bukit juga sangat mendamaikan. Suara deburan ombak dan embusan angin laut merupakan kombinasi harmoni alam yang sangat menenangkan.

Bahkan cuaca tidak akan terasa panas meski terik matahari siang menyengat. Itu karena angin laut yang seolah mampu mengusir panasnya terik matahari siang.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/09/200200227/wisata-wonogiri-bersantai-di-pantai-sembukan-yang-masih-sepi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke