Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Pantai di Wonogiri, Ini Harga Tiket dan Rute ke Pantai Sembukan

Memang saat ini pantai-pantai di Gunungkidul menjadi tujuan wisata favorit bagi mereka yang mencari obyek wisata pantai. Meski demikian, pantai-pantai di Wonogiri tidak kalah indah.

Pantai Sembukan selain lebih sepi, juga pas bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai, tetapi hanya ingin menikmati atau mengabadikan keindahan tepi laut.

Itu karena pantai ini menyajikan keindahan panorama dari puncak bukit kapur-nya.

Lokasi Pantai Sembukan tepatnya berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jika ditempuh dari Kota Wonogiri, waktu tempuhnya dalah sekitar 1,5 jam dengan jarak kurang-lebih 60 kilometer.

Rute menuju Pantai Sembukan

Menuju Pantai Sembukan bukanlah merupakan hal yang sulit. Meski demikian, sampai sekarang belum ada sarana transportasi umum untuk mencapai obyek wisata itu.

Perjalanan pun paling pas dilakukan dengan kendaraan pribadi. Kondisi jalan sudah bagus dan mulus sehingga bisa dilalui berbagai kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, hingga minibus.

Dari Kota Wonogiri, ambil arah ke selatan di jalan utama menuju Kecamatan Pracimantoro. Setelah sampai di perempatan Pasar Pracimantoro, belok kiri menuju Jalan Nasional III sampai bertemu dengan perempatan dengan lampu lalu-lintas.

Belok kiri di perempatan tersebut. Selanjutnya cukup lurus di jalan baru yang luas dan mulus itu. Meski kondisi jalan relatif sangat bagus, hendaknya tetaplah berhati-hati agar tidak sampai terjadi kecelakaan.

Belok kiri usai mentok pertigaan sejauh sekitar 86 meter saja. Selanjutnya belok kanan ke jalan aspal. Plang penunjuk jalan menuju Pantai Sembukan sudah tersedia di pertigaan ini sehingga tak perlu khawatir salah jalan.

Perjalanan pun tinggal mengikuti jalan utama ke arah selatan itu sejauh 5,2 kilometer. Nantinya ujung jalan merupakan kawasan Pantai Sembukan.

Kondisi jalan sampai kawasan pantai sudah cukup baik dan diaspal halus. Meski demikian, jalan ada di kawasan perbukitan sehingga penuh kelokan, tanjakan, dan turunan.

Pengemudi pun harus tetap berkonsentrasi dan tidak sembrono, terutama saat hendak menyalip kendaraan lain saat di tikungan tajam.

Harga tiket masuk Pantai Sembukan Wonogiri

Setelah sampai Pantai Sembukan, jangan lupa untuk membayar retribusi masuk dan tiket parkir. Tidak usah khawatir karena harga tiket masuk dan parkirnya cukup terjangkau.

Saat KompasTravel berkunjung ke Pantai Sembukan pada Hari Minggu (8/9/2019) lalu, harga tiket masuknya hanyalah Rp 5.000 per orang.

Sementara biaya parkir pun juga sangat terjangkau. Untuk sepeda motor, biaya parkirnya hanyalah Rp 2.000.

Selebihnya, tidak ada biaya tambahan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Sembukan. Berfoto di gardu pandang puncak bukit pun tidak dikenai biaya.

Namun jika akan menggunakan toilet atau kamar mandi, wisatawan harus membayar antara Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Hal itu wajar mengingat akses air tawar bersih yang sulit di kawasan Pantai Sembukan.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/11/100900427/wisata-pantai-di-wonogiri-ini-harga-tiket-dan-rute-ke-pantai-sembukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke