Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenang BJ Habibie Lewat 3 Camilan khas Makasar Favoritnya

KOMPAS.com - Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) malam. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Seperti dikutip dari Nova, salah satu makanan favorit BJ Habibie adalah Barongko. Selain Barongka, beberapa sumber lain menyebutkan camilan khas Sulawesi Selatan kesukaan BJ Habibie adalah Es Pallu Butung dan Putu Cangkir.

1. Barongko

Barongko merupakan kudapan tradisional khas Makassar yang terbuat dari pisang kepok, santan, telur dan gula. Pisang dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lain.

Lalu dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Rasanya manis dan legit.

2. Es Pallu Butung

Es favorit BJ Habibie yakni es pallu butung. Minuman berasal dari tanah Bugis ini jadi kesukaan Habibie sejak masih muda.

Minuman asli Sulawesi Selatan ini terdiri dari kombinasi bubur sumsum yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, dan garam.

Pallu Butung disajikan secara dingin dengan menambahkan es batu. Biasanya jadi hidangan penutup maupun camilan untuk berbuka puasa. Hidangan ini mirip dengan es pisang hijau dari Makassar.

3. Putu Cangkir

Putu cangkir terbuat dari ketan putih dan hitam yang ditumbuk hingga agak halus. Bentuknya seperti cangkir terbalik sehingga disebut sebagai Putu Cangkir.

Setelah menjadi tepung kasar, kemudian dicampur dengan gula merah dan dibentuk sedemikian rupa hingga seperti cangkir. Bagian tengahnya kemudian diisi dengan kelapa parut.

Rasanya gurih manis dan lumer di mulut. Kue ini paling cocok disajikan menjelang malam dan pagi hari.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/11/194111127/mengenang-bj-habibie-lewat-3-camilan-khas-makasar-favoritnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke