Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Hanya Kari, Ini Beragam Pilihan Makanan India

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika menyebut makanan India maka yang teringat pertama kali biasanya kari. Namun, di India sendiri, setiap daerahnya memiliki makanan khas masing-masing.

Chef Amninder Sandhu, koki perempuan asal India menjelaskan pemetaan makanan daerah di India. Ia juga memberikan rekomendasi makanan yang harus dicoba di daerah-daerah tersebut.

“Ketika kamu datang ke India bagian utara, kamu harus mencoba “butter chicken” (makanan tradisional ayam mentega), kebab, dan makanan tradisional di sana. Di India bagian utara juga banyak makanan pedas,” kata Chef Amninder Sandhu, saat ditemui di Jakarta Selasa (10/09/2019).

Sementara itu, lanjut Amninder, daerah selatan India lebih banyak menggunakan seafood. Beda lagi dengan daerah timur India, yang banyak dengan hidangan dessert karena terkenal sebagai daerah produsen susu.

"Dan untuk bagian barat adalah perkumpulan orang vegetarian dan jika kamu pergi ke sana jangan lupa untuk mencoba thali,” paparnya.

Thali adalah kata Hindi yang berarti "piring besar". Thali makanan mengacu pada berbagai masakan (baik vegetarian maupun non-vegetarian), disajikan dalam mangkuk kecil yang disebut (Katori dalam bahasa Hindi) yang disusun di atas Thali, atau sebuah piring.

Singkatnya, Thali adalah keseluruhan makanan di atas piring tunggal yang besar.

”Kamu juga dapat mencoba ladu, ini adalah makanan penutup yang rasanya sangat manis,” tuturnya.

Ia juga menceritakan bagaimana makanan di India yang dinikmati langsung di negaranya akan terasa berbeda dengan makanan India yang dijual di negara-negara lain.

“Di luar india banyak sekali makanan India, tapi itu tidak sepenuhnya memiliki citarasa india. Dan ketika orang-orang membuka restoran di luar india, ia sudah membukanya sangat lama dan tidak pernah kembali ke india. Banyak sekali resep dari India yang negara lain tidak miliki,” ujarnya.

Ia memberi contoh seperti hidangan kebab. Menurutnya, kebab di India menggunakan olahan daging kebab dengan tekstur yang sangat lembut. Berbeda dengan tekstur daging kebab India yang dijual di luar negara India.

"Kamu tidak perlu mengunakan gigimu untuk mengunyahnya. Ketika di india, orang-orang sangat serius dalam memasak dan hidangan di India tidak akan kamu temukan di negara lain,” lanjut Amninder Sandhu.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/12/200300527/tidak-hanya-kari-ini-beragam-pilihan-makanan-india

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke