Salin Artikel

Jalan-jalan ala BTS, Ini 5 Pasar Unik dan Serba Murah di Seoul

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan, khususnya Seoul, memiliki segudang obyek wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya atraksi dan wisata alamnya, terdapat pasar unik yang bisa dikunjungi saat ke Seoul.

BTS kembali ditunjuk sebagai Duta Pariwisata Seoul untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2017. Dalam video promosinya, mereka memperkenalkan banyak obyek wisata yang belum terlalu populer yang berada di Seoul.

Salah satu destinasi yang diperkenalkan yaitu pasar-pasar di Seoul. Berikut pasar-pasar unik di Seoul yang direkomendasi oleh BTS lewat video promosi Youtube di VisitSeoul TV.

1. Seoul Folk Flea Market

Seoul Folk Flea Market terletak di sekitar Jembatan Hwanghakgyo Stream Cheonggyecheon dan Stasiun Sinseol-dong.

Pasar ini merupakan salah satu pasar loak rakyat besar yang melestarikan budaya pasar tradisional Korea dan menarik pengunjung dengan berbagai barang rakyat yang memperlihatkan pesona unik Korea.

Barang-barang utama dari Seoul Flea Market Seoul mencakup beragam barang rakyat, kerajinan tradisional, spesialisasi lokal, dan barang-barang mode.

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai makanan dan makanan ringan yang termasuk makanan tradisional Korea dan masakan perpaduan dari seluruh dunia.

Yang istimewa dari pasar ini adalah kamu dapat menemukan barang langka dan barang tradisional asli yang tidak dapat ditemukan di pasar lain.

Suasana pasar adalah perpaduan antara tradisi lama yang dihormati dan aspek modern sehingga memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Pasar tradisional ini berlokasi di 21, Cheonho-daero 4-gil, Dongdaemun-gu, Seoul. Buka setiap hari kecuali hari Selasa pada minggu kedua dan keempat, mulai pukul 10.00 hingga 19.00, sedangkan restoran tutup pukul 22.00. Tempat ini juga dapat dihubungi di nomor +82-2-2232-3367.

Pengunjung bisa naik kereta bawah tanah dan turun di Stasiun Sinseol-dong (Seoul Subway Line 1 & 2), Pintu Keluar 6, 9 atau 10. Kemudian berjalan sekitar lima menit.

Selain itu, bisa naik bus dan turun di Halte Bus Cheonggye 8-ga Hwanghakgyo-3 (nama direncanakan akan berubah menjadi Halte Bus Pasar Loak Folk Seoul) atau Halte Sinseol-dong.

2. Namdaemun Market

Dibuka pada tahun 1964, Pasar Namdaemun adalah pasar tradisional terbesar di Korea dengan toko-toko yang menjual berbagai barang. Semua produk dijual dengan harga terjangkau dan toko-toko di daerah ini juga berfungsi sebagai pasar grosir.

Pasar Namdaemun menjual berbagai pakaian, kacamata, peralatan dapur, mainan, perlengkapan gunung, peralatan memancing, alat tulis, seni rupa, aksesoris, topi, karpet, bunga, ginseng, dan barang impor.

Sebagian besar barang dibuat langsung oleh pemilik toko. Pasar ini penuh dengan pengecer dari seluruh penjuru negeri.

Pasar tradisional ini berlokasi di 21, Namdaemunsijang 4-gil, Jung-gu, Seoul. Buka setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 11:00 hingga 04:00. Pengunjung bisa naik kereta bawah tanah dan turun di Stasiun Hoehyeon (Seoul Subway Line 4), Pintu Keluar 5, atau naik bus turun di Halte Namdaemun Market dan Stasiun Hoehyeon.

3. Seoul Bamdokkaebi Night Market

Seoul Bamdokkaebi Night Market adalah acara yang diselenggarakan oleh kota Seoul. Pasar malam ini berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu dari bulan Maret hingga Oktober.

Pengunjung dapat menikmati makanan dari seluruh dunia, berbelanja untuk aksesori buatan tangan yang unik dan menonton berbagai pertunjukan budaya.

Pasar malam ini terletak di 330, Yeouidong-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul.

4. Noryangjin Fisheries Wholesale Market

Dibuka pada tahun 1927 di Uiju-ro, di sebelah Stasiun Seoul, Pasar Perikanan Noryangjin adalah salah satu pasar makanan laut terbesar di Korea.

Pasar makanan laut dipindahkan ke gedung yang baru dibangun pada tahun 1971 di Noryangjin dan Suhyup yang mengambil alih pasar untuk mempromosikan industri perikanan serta meningkatkan pendapatan nelayan pada tahun 2002.

Pasar menangani sekitar 50 persen masyarakat metropolitan dan 250 hingga 300 ton produk laut yang diperdagangkan setiap hari.

Harga produk laut diputuskan sesuai dengan kuantitas sehingga pengunjung disarankan mengunjungi situs web resmi untuk memeriksa penawaran. Harga eceran umum adalah 10 hingga 20 persen lebih tinggi dari harga lelang.

Memadukan seluruh partai besar dan eceran, pasar menawarkan suasana langsung pasar pagi mulai dari pukul 01.00 dan menawarkan berbagai pemandangan menarik untuk dilihat. Secara khusus, sekitar pukul 03.00, terjadi pelelelangan ikan secara langsung yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan suasana pasar yang otentik di antara penjual dan pembeli.

Pasar ikan ini berlokasi di 674, Nodeul-ro, Dongjak-gu, Seoul. Buka pukul 01.00 sampai 22.00 untuk pasar umumnya, sedangkan buka 24 jam untuk pasar ikan yang high class.

5. Tongin Market

Pasar Tongin dibuka pada bulan Juni 1941, ketika pasar publik didirikan untuk penduduk Jepang di dekat lingkungan Hyoja-dong saat Korea masih di bawah kekuasaan Jepang.

Setelah Perang Korea, negara ini mengalami peningkatan populasi yang cepat sehingga menyebabkan peningkatan konsumsi dan permintaan secara alami. Akibatnya para pedagang kaki lima dan toko-toko daerah menggunakan bekas daerah Pasar Tongin sebagai pasar mereka.

Saat ini, Pasar Tongin terdiri dari 75 toko yang sebagian besarnya adalah restoran dan toko kelontong. Ada juga beberapa toko yang menjual barang-barang manufaktur seperti pakaian dalam dan sepatu.

Pasar tradisional ini berlokasi di 18, Jahamun-ro 15-gil, Jongno-gu, Seoul. Wisatawan bisa naik kereta bawah tanah dari Stasiun Gyeongbokgung (Seoul Subway Line 3), Pintu Keluar 2. Kemudian berjalan kaki sekitar 700 meter dan pasar berada di sebelah kiri. Selain kereta, pengunjung dapat naik bus hijau (nomor: 1020, 1711, 7016, 7018, 7022, 7212) dan turun di Pusat Kesehatan Jongno-gu & Halte Bus Pasar Tongin.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/15/120700827/jalan-jalan-ala-bts-ini-5-pasar-unik-dan-serba-murah-di-seoul

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.