Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cukup Jalan Kaki dari Stasiun Bogor, 5 Tempat Wisata Murah di Bogor

KOMPAS.com - Akhir pekan, wisata Bogor kerap menjadi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya. Agar terhindar dari macetnya Kota Hujan saat akhir pekan, kamu bisa mengunjungi wisata di pusat kota Bogor.

Ada banyak obyek wisata yang bisa dicapai hanya dengan cara berjalan kaki dari Stasiun Bogor.

Berikut, Kompas.com merangkum tempat wisata yang dekat dengan Stasiun Bogor, bisa didatangi dengan berjalan kaki :

1. Kebun Raya Bogor (KRB)

Kebun Raya Bogor merupakan obyek wisata favorit keluarga di pusat Kota Bogor. Jaraknya yang berkisar 3,3 km dari Stasiun Bogor, membuat tempat ini mudah dijangkau oleh wisatawan luar Bogor.

Biasanya warga dan turis menghabiskan waktu dengan piknik di lingkungan KRB. Tidak hanya itu, kamu juga dapat berwisata sejarah dan belajar lebih jauh mengenai tumbuhan yang ada.

Kamu bisa masuk dari beberapa pintu antara lain pintu masuk di sebelah kantor pos di Jalan Ir H Djuanda atau pintu masuk di Jalan Otto Iskandar Dinata depan Pasar Bogor.

Bisa juga melalui pintu masuk di Jalan Pajajaran depan Plaza Keboen Raya, atau pintu masuk di seberang Kampus IPB Baranangsiang.

Harga tiket masuk KRB berkisar Rp 15.000 per orang.

2. Museum Sejarah Alam Indonesia

Dulu tempat ini merupakan salah satu pusat penelitian Herbarium Bogoriense, juga Museum Etnobotani. Seiring perkembangan koleksi, tempat ini berubah nama menjadi Museum Sejarah Alam Indonesia.

Museum ini hanya berjarak 2,1 km dari Stasiun Bogor, jarak tersebut memungkinkan wisatawan untuk berjalan kaki.

Di sini tersimpan asal usul berbagai rekayasa genertik hasil alam di Indonesia. Perkembangan holtikultura, hingga perjalanan-perjalanan hasil alam Indonesia seperti kopi dan lainnya.

Untuk berjalan dari Stasiun Bogor, kamu harus mengambil arah timur di Jl. Kapten Muslihat/Jl. Raya Dramaga menuju Jl. Dewi Sartika.

Tetap telusuri jalan ini sejauh 51 meter menuju Jalan Ir. H. Juanda. Lokasinya ada di sebelah kanan jalan, berseberangan dengan Kebun Raya Bogor.

Harga tiket masuk museum berkisar Rp 5.000 per orang.

3. Taman Ade Irma Suryani

Taman yang juga dikenal dengan sebutan Taman Topi ini berlokasi di pusat Kota Bogor, tepatnya Jalan Dewi Sartika.

Taman ini sudah ada dari tahun 1975. Jadi banyak pengunjung dewasa yang sengaja datang untuk bernostalgia di taman ini. Anak-anak bisa menikmati belasan wahana permainan.

Jaraknya hanya 180 meter dari Stasiun Bogor. Kamu hanya perlu berjalan kaki menuju pintu masuk Taman Topi yang berada di Jalan Dewi Santika. Jalan ini berada tepat di pertigaan yang bersebrangan dengan RS Bayangkara Bogor.

 4. Taman Bermain Lapangan Sempur

Kawasan ini dulunya merupakan salah satu gelanggang olahraganya warga Bogor. Namun, sekarang tempat ini disulap menjadi kawasan olahraga yang bersanding dengan rekreasi, juga kuliner.

Di sini terdapat Taman Ekspresi yang tiap bulannya rutin memutar film-film karya komunitas sineas Bogor dan Indonesia. Lalu ada panjat tebing, area bermain anak, hingga skatepark bagi para skateboarder.

Jarak taman ini dari Stasiun Bogor sekitar 1,7 km. Kamu dapat berjalan menelusuri Jalan Ir. H. Juanda menuju Jalan Jalak Harumpat. Lokasinya dekat dengan Jembatan Sempur yang berada di Jalan Jalak Harumpat.

Selain berjalan, kamu juga dapat naik angkutan umum berupa angkot dengan nomor 03 tujuan Sempur.

Turunlah di sisi istana setelah jembatan Kebun Raya Bogor saat melihat lapangan besar panjat tebing di sisinya. Kamu tidak akan dikenai biaya untuk masuk ke kawasan ini.

5. Istana Bogor

Salah satu wisata favorit yang tak jauh dari Stasiun Bogor ialah mengunjungi Istana Kepresidenan di Bogor. Istana rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor, yaitu sekitar bulan Juli-Agustus.

Kamu bisa masuk dan berkeliling serta melihat uniknya bangunan bersejarah ini. Hanya saja, Istana Bogor terbuka untuk umum saat-saat tertentu.

Namun, setiap akhir pekan, wisatawan bisa memberi makan rusa-rusa yang ada di Istana ini, dari luar pagar.

Kamu cukup membeli wortel yang banyak dijajakan pedagang sekitar istana, dengan Rp 5.000-Rp10.000. Kalau cuma berkeliling seputar area istana, tentunya kamu tak dipungut biaya.

Jaraknya dari Stasiun Bogor hanya sekitar 900 meter. Kamu harus pergi ke kawasan Kebun raya Bogor terlebih dahulu dengan berjalan menuju Jalan Ir. H. Juanda.

Pintu masuk terdekat, berada di seberang Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/15/171212227/cukup-jalan-kaki-dari-stasiun-bogor-5-tempat-wisata-murah-di-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke