Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk Ke Sabang, Ada Aceh International Diving Festival and Championship 2019

Event ini akan digelar di kawasan wisata pantai Gapang, Sabang, 6 sampai 7 Oktober 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NAD, Jamaluddin, mengatakan melalui festival ini pihaknya dapat mempromosikan potensi wisata bawah laut Sabang.

Tak hanya itu, festival tersebut juga dapat mewujudkan Sabang sebagai wisata bahari unggulan Nasional.

"Sebagai upaya re-branding pariwisata, kami berupaya menjadikan Sabang sebagai wisata bahari unggulan di Aceh bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)," ucap dia sesuai keterangan rilis yang Kompas.com terima, Selasa (24/9/2019).

Menilik susunan acaranya, Aceh International Diving Festival and Championship 2019 akan memadukan atraksi wisata budaya dan alam.

Dari sisi budaya, event ini akan turut menampilkan tari-tarian tradisional, makan siang bersama dengan menu khas Aceh, yakni kuah blangong, dan hiburan menarik lainnya.

Sementara itu, untuk wisata alam, akan dilakukan perlombaan finswimming 6.000 meter untuk kategori putra dan putri. Lalu juga terdapat lomba bouyancy yang dibuka untuk segala umur.

Adapun untuk mengajak masyarakat turut merasakan euforia, event ini akan menggelar lomba foto bawah laut. Setiap peserta diminta untuk mengirim karya foto underwater terbaiknya ke panitia.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meyakini Aceh International Diving Festival and Championship akan memperkuat destinasi bahari Indonesia.

Menurutnya, kegiatan seperti ini harus dilestarikan dan diperbanyak guna memperkenalkan kekayaan bahari Indonesia yang terbentang dari Aceh hingga Papua.

“Event ini akan memperlihatkan jika alam Indonesia indah dari gunung sampai ke dalam laut,” terang Menpar.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/24/110021127/yuk-ke-sabang-ada-aceh-international-diving-festival-and-championship-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke