Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenpar Tunjuk Putri Pariwisata 2018 Maju di Miss Tourism 2019

KOMPAS.com – Putri Pariwisata Indonesia 2018 Gabriella Patricia Mandolang terpilih mewakili Indonesia dalam ajang pemilihan Miss Tourism 2019 yang akan digelar di Malaysia nanti.

Gabby mengaku siap mengikuti kontes internasional yang diselenggarakan pada 22 Oktober hingga 10 November 2019.

Bahkan, ia mengaku telah mempersiapkan segalanya yang berkaitan dengan kontes tersebut, khususnya persiapan mental sejak ia terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2018.

“Targetnya sudah pasti menjadi pemenang utama dan membawa kembali mahkota ke Indonesia,” katanya dalam pernyataan tertulis, Minggu (29/9/2019).

Lebih lanjut Gabriella menuturkan, pada kontes yang diprakarsai oleh Yayasan El John bersama Kementerian Pariwisata tersebut, ia akan menggunakan dua busana untuk dilombakan.

Adapun kedua busana tersebut, yaitu evening gown karya desainer Tommy Yudhis, dan national costume karya Jember Festival Carnaval yang mengusung tema ‘Watulo: The Incarnation’.

“National costume ini terinspirasi dari Pantai Watu Ulo. Lokasinya di Desa Sumberrejo, Jawa Timur. Bentuknya menyerupai badan ular naga. Diceritakan, tiga bagian tubuh tersebut terpisah dalam jarak yang jauh. Kepalanya berada di Banyuwangi dan bagian ekor di Pacitan,” terangnya.

Founder Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto menjelaskan Yayasan El John memiliki program bernama ‘Indonesia di Panggung Dunia’.

Program tersebut digunakan untuk memperkenalkan pemenang kontes putri atau model yang diselenggarakan El John Pageants sebagai wakil Indonesia di setiap kontes kecantikan dunia.

“Dengan langkah tersebut, nama Indonesia akan semakin dikenal masyarakat dunia. Tentunya juga sekaligus untuk mempromosikan Indonesia ke kancah internasional,” ujarnya.

Selain kontes kecantikan, Yayasan El John juga memiliki program Bringing Indonesia Cultureto The World.

“Keikutsertaan putri El John pada kontes kecantikan dunia akan memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga dunia,” imbuhnya.

Soal busana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani mengatakan, Gabby juga akan membawa video competition yang mengangkat dua destinasi wisata yaitu Kepulauan Riau, Bintan, dan Banyuwangi.

“Kenapa Kepri? Karena daerah ini merupakan salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara. Selain itu, Kemenpar juga membuat paket wisata hot deals di sana,” jelas Kiki, sapaan akrab Rizky.

Sementara itu, dipilihnya Banyuwangi lantaran daerah tersebut merupakan kota yang berkembang sangat pesat, terutama di sektor pariwisata.

Di lain sisi, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi peran Yayasan El John yang sudah konsisten menyelenggarakan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia (PPI), dan mengirimkan pemenangnya pada kontes serupa tingkat dunia.

Menurut Arief, pemerintah akan mempromosikan sektor pariwisata dengan berbagai cara, salah satunya lewat pemilihan Miss Tourism.

Saat ini, sektor pariwisata merupakan salah satu pilar penguatan ekonomi nasional.

“Lewat ajang Miss Tourism International 2019, kita bisa memperkenalkan Indonesia lewat national costume yang dikenalkan peserta. Termasuk lewat konten video competition yang terlihat lebih menarik dan nyata,” kata Menpar.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/29/165326027/kemenpar-tunjuk-putri-pariwisata-2018-maju-di-miss-tourism-2019

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke