Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oktober Ini, Kunjungi 10 Agenda Wisata di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang, kita sudah memasuki bulan Oktober. Seperti bulan-bulan sebelumnya, berbagai agenda wisata diberikan untuk masyarakat sebagai pilihan liburan di bulan ini.

Belum punya agenda wisata? Berikut 10 festival yang bisa kamu kunjungi di Indonesia:

1. Festival Likurai Timor

Festival Likurai Timor akan digelar pada tanggal 1 hingga 6 Oktober 2019 di Padan Fulan Fehan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Acara ini memamerkan tarian tradisional sejenis tarian perang yang khas dari daerah Belu, Nusa Tenggara Timur.

Tarian ini biasanya dibawakan beberapa penari pria dengan mengunakan pedang dan penari perempuan mengunakan Tihar atau kendang kecil sebagai atribut menarinya.

Pengunjung dapat menikmati tarian khas dari Nusa Tenggara Timur sambil mempelajari budaya provinsi tersebut.

2. Festival Karnaval Karawo

Festival Karnaval Karawo akan digelar pada tanggal 6 Oktober 2019 di Kota Gorontalo. Festival
ini bertujuan mempopulerkan Karawo yang digelar setiap tahun di Kota Gorontalo.

Festival ini pertama kali digelar pada tahun 2011. Festival Karnaval Karawo biasanya dimeriahkan dengan pameran kerajinan karawo, parade dan peragaan busana Karawo yan diikuti Pemerintah Daerah.

3. Aceh International Diving Festival

Festival ini akan digelar pada tanggal 6 sampai 7 Oktober 2019 di Jalan Teungku Chik Kuta Karang No. 03, Kuta Alam, Banda Aceh. Acara ini menjadi ajang yang ditunggu-tunggu penyelam lokal maupun internasional.

Pelaksanaan Aceh International Diving dianggap penting dalam rangka mensukseskan dan mempromosikan sabang sebagai prime mover industri pariwisata Aceh dan Indonesia. Festival ini juga mengajak pariwisata untuk mengeksploitasi keindahan bawah laut Sabang.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai macam lomba, seperti finswimming dan buoyancy di hari pertama. Di hari kedua, acara dimeriahkan dengan acara membersihkan pantai.

4. Festival Pesona Selat Lembeh

Festival yang satu ini akan diadakan pada tanggal 6 sampai 10 Oktober 2019 di Satkamla, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan potensi Kota Bitung, khususnya Selat Lembeh.

Rangkaian acara yang akan digelar adalah sailing pass di Selat Lembeh, lomba kapal hias, festival kuliner, pentas seni budaya, coral plantation, 10 k, thanks giving day, jet ski, dan lain-lain.


5. Festival Seni Budaya Papua Barat

Festival ini akan diselengarakan pada tanggal 7 sampai 11 Oktober 2019 di Jalan Merdeka No.13, Ayambori, Manokwari Timur. Tahun ini merupakan tahun ke-6 penyelengaraan festival ini.

Festival ini dilaksanakan dengan mengangkat tema seni dan budaya Papua Barat, disamping itu berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya.

Ada juga lomba yang dapat diikuti warga lokal maupun turis, seperti lomba tari kreasi baru, lomba musik tradisional, lomba folk song (lagu rakyat papua), lomba body painting dan lomba tari pergaulan yosim pancar.

6. Festival Keraton Kesultanan Buton

Festival satu ini akan diselengarakan pada tanggal 12 sampai 17 Oktober 2019 di Korumba, Mandoga Kendari, Sulawesi Utara.

Festival ini merupakan acara tahunan yang di adakan di Bau-bau bertujuan untuk mengenalkan wisata di Sulawesi tenggara dengan rangkaian kombinasi kesenian, kebudayaan serta olahraga.

Festival ini akan menampilkan kebudayaan Suku Buton yang mengalami perpaduan dengan kebudayaan suku lainnya, yang singgah di Kesultanan Buton.

Pameran benda pusaka Kesultanan Buton, prosesi adat, lomba dayung perahu, dan berbagai pagelaran seni juga menunggu kamu yang berencana datang ke festival ini.

Event ini merupakan salah satu andalan kota pesisir pantai Jawa Timur, Banyuwangi. Festival ini semakin mempopulerkan tarian Gendrung Banyuwangi bukan cuma sebagai seni pertunjukan, pada masa pemerintahan kolonial seni tari ini sekaligus perangkap untuk menjerat tentara Belanda.

8. Festival Pesona Bahari Raja Ampat

Festival ini akan diadakan pada tanggal 18 sampai 21 Oktober 2019 di Jalan Merdeka No.13, Ayambori, Manokwari Timur. Tahun ini menjadi tahun ke-7 penyelengaraan acara ini.

Festival ini dilaksanakan dengan mengangkat tema bahari, budaya serta kuliner Raja Ampat. Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bahari diadakan juga dalam bentuk lomba-lomba seperti voley pantai, perahu hias, renang duathlon, lomba foto bawah laut dan lomba foto panorama.

Wisatawan yang berkunjung keraja ampat dapat menikmati festival, kuliner, pentas seni tari.

9. Jakarta Fashion Week

Peragaan busana ini akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 25 Oktober 2019 di Jalan Kuningan Barat Raya no.2, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

Ini adalah acara mode tahunan terbesar di Indonesia yang bertujuan memberikan arahan kepada industri fashion Indonesia serta kekayaannya dalam bakat dan kreativitas.

Di acara ini, pengunjung dapat menyaksikan peragaan busana yang diikuti oleh para desainer ternama dari Indonesia maupun dari luar.

10. Festival Danau Sentarum

Festival ini akan berlangsung pada 23 sampai 25 Oktober 2019 di Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan ini merupakan upaya memperkuat Danau Sentarum sebagai KSPN dan daya tarik ekowisata di Kapuas Hulu.

Event ini diharapakan meningkatan kunjungan wisatawan baik wisman maupun wisnus ke Kapuas Hulu melalui PLBN Badau dan Pontianak.

Kegiatan akan dirangkai dengan pengenalan Danau Sentarum melalui penyusuran danau menggunakan alat transportasi tradisional (Bandong dan Perau Tambe). Ada juga ajang peningkatan kesadaran pariwisata masyarakat melalui beberapa kegiatan workshop dan sosialisai (pokdarwis) dan masih banyak lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/01/100100827/oktober-ini-kunjungi-10-agenda-wisata-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+