Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seri Jejak Pendaki Semeru: Soe Hok-Gie, Kisah Pendaki dan Gunung Semeru

Gie dikenal sebagai aktivis era Orde Lama yang juga gemar menulis catatan harian maupun opini untuk diterbitkan di media massa termasuk Harian Kompas.

Suaranya yang lantang mengkritik pemerintahan Soekarno dan wakil rakyat terdengar bahkan hingga pembuat peti mayat.

Namun, selain itu aktivis, Gie juga dikenal sebagai pendaki gunung dan pencinta alam. Ia sering pergi ke Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango di sela aktivitasnya di Jakarta.

Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Merapi pun pernah ia daki. Kegemaran Gie mendaki gunung ia lakukan bersama rekannya kuliah bahkan bersama mahasiswa setelah ia menjadi dosen.

Gie semasa kuliahnya bertualang bersama rekan-rekan di organisasi Mapala Sastra Prajnaparamitha (cikal bakal Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia). Saat Gie mendaki gunung, suasana canda tawa mewarnai pendakian.

Seringkali Gie bercanda kegenitannya seputar rekan-rekannya perempuan di Fakultas Sastra. "Titip buat janda-janda gue di Jakarta," ujar sahabat Gie, Aristides Katoppo saat berbincang dengan Kompas.com tentang kenangan bersama Gie di Malang, Sabtu (22/9/2019).

Gie, Rudy Badil, Aristides Katoppo, Herman Lantang, dan rekan-rekan Mapala UI tahun 1969 mendaki Gunung Semeru melalui jalur Watu Pecah. Titik awal pendakiannya ada di Gubuk Klakah, Malang, Jawa Timur.

Ada cerita menarik tentang Gie bersilang pendapat dengan Herman Lantang. Bagaimana kisah Gie sebagai pendaki gunung?

Tim Jejak Pendaki Semeru yang terdiri dari Kompas.com, Kerabat Pencinta Alam, dan Mapala UI menelusuri Gunung Semeru dan bertemu dengan Aristides Katoppo untuk menggali kisah Gie sekaligus pendaki-pendaki Semeru lainnya.

Simak video berikut ini.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/07/180406127/seri-jejak-pendaki-semeru-soe-hok-gie-kisah-pendaki-dan-gunung-semeru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke