Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Generasi Millenial Kurang Berminat ke Museum Bahari

“Kalau melihat kenyataan, secara umum minatnya masih kurang, sedikit, itu kebanyakan mereka yang berkunjung sebagian besar karena ada program, seperti ada kerjasama dari sekolah, kampus,” kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2019).

Meski begitu, menurut Bambang tetap ada sebagian kecil generasi milenial yang memiliki kesadaran atau inisiatif sendiri pergi ke museum. Ia menyampaikan bahwa generasi milenial saat ini cenderung lebih minat pergi ke mal, bioskop dibandingkan museum.

Bila melihat di luar negeri, kata Bambang, generasi milenial di sana minat akan museumnya jauh lebih tinggi. Padahal tarif ke museum di luar negeri itu terbilang mahal, menurut Bambang.

“Padahal di sini tarifnya murah, tapi kok minatnya kurang, nah kemungkinan karena pelajaran khusus ini di kurikulum harus betul-betul, wajiblah pelajaran ini masuk sehingga nantinya timbul rasa simpati kemudian empati dari anak milenial, jadi gak cuma karena disuruh-suruh,” ujarnya.

Meski kenyataannya minat generasi milenial masih kurang, Bambang tetap percaya nantinya mereka akan cinta museum.

Menurutnya, kini pihak museum telah banyak melakukan perubahan khususnya museum-museum di Jakarta, begitu juga dengan dinas pariwisata.

“Kemarin ada kita buat kopi, acara ngopi di Kota Tua Jakarta, maksudnya itu salah satu tujuan supaya orang ngopi jangan di kafe, tapi di museum sambil jalan-jalan,” tambahnya.

Berdasarkan data jumlah pengunjung baik wisatawan mancanegara maupun nusantara yang diberikan pihak Museum Bahari, untuk total pengunjung dibagi menjadi tiga obyek wisata per bulannya.


Adapun untuk Museum Bahari, wisatawan mancanegara totalnya 419 wisatawan pada bulan September 2019, dan wisatawan nusantara berjumlah 2.069 orang. Kemudian Museum Arkeologi Onrust tidak ada wisatawan mancanegara di bulan September, dan wisatawan nusantara sebesar 6.553 wisatawan.

Sementara itu, Museum Rumah Si Pitung juga melaporkan tidak ada wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana di bulan September. Namun ada 2.470 dari wisatawan nusantara.

Dengan ini, jumlah total pengunjung di tiga museum tersebut pada bulan September 2019 terdapat 11.511 wisatawan.

Meski begitu, terdapat kenaikan jumlah wisatawan di tahun 2019 di bulan yang sama.

Tahun 2018 lalu, total wisatawan di Museum Kebaharian berjumlah 10.335 wisatawan. Hal ini terbagi dari jumlah wisatawan nusantara sebesar 9.825 wisatawan dan wisatawan mancanegara 510 wisatawan.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/09/103000527/generasi-millenial-kurang-berminat-ke-museum-bahari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke