Salin Artikel

Harry Potter Jadi Nyata, Yuk Coba Meramal dengan Teh

Ia merupakan guru bidang meramal di sekolah Hogwarts. Salah satu keahliannya adalah meramal dengan daun teh.

Nah, mau coba jadi Harry Potter sesaat dengan mencoba diramal dengan daun teh? Impian ini bisa jadi nyata di acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

Tasseografi merupakan seni meramal mengunakan teh yang terkenal sejak abad 19. Adetya adalah seorang peramal yang bisa membaca peruntungan dari pelangganya. Sudah selama 9 tahun ia mendalami teknik meramal dengan teh.

"Teh yang digunakan teh tubruk, bukan teh celup. Kalau mengunakan teh celup, daun tehnya terlalu lembut. Sehingga kalau (teh tubruk/daun teh) dituang di cangkir dan lepek, dari tangkainya atau daunnya bisa dibaca," jelas Adetya saat ditemui di sela-sela acara Pekan Kebudayaan Nasional, Senin (07/10/2019).

Dengan mengunakan teh tubruk, daun teh yang sudah diseduh air panas akan menempel di bagian cangkir. Dari pola daun teh itu, peruntungan masa lalu, masa kini, dan masa depan bisa terbaca.


"Jika mengunakan teh tubruk, maka bisa terbaca dari daunnya, dari batangnya. Dia banyak menempel di bagian mana, di bagian atas kah atau bawah, yang sebelah mana, dan itu akan terlihat," papar peramal yang akrab dipanggil Tya.

Cara kerja dari ramalan dengan teh menggunakan teh tubruk, cangkir, lepek dan air panas. Cangkir dan lepek yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Ada lambang atau gambar tersendiri yang memiliki banyak arti pada cangkir dan lepek tersebut. Di bagian atas dinding gelas terdapat gambar yang bisa menceritakan peruntungan dari segi karir, keuangan, keluarga, dan percintaan.

Di bagian bawah juga memiliki simbol dan gambar tersendiri. Hal yang sama juga terdapat di lepek atau piring kecil. Cara kerjanya, pertama-tama teh tubruk dituang ke dalam cangkir bersama dengan sedikit air panas hingga larut.

Setelah itu cangkir akan dibalik di atas lepek yang isinya teh dengan air. Lalu pelanggan diminta untuk memutar tiga kali cangkirnya searah dengan jarum jam.

Ketika dibuka, maka teh akan menyebar di beberapa bagian dan hal tersebut yang menjadi dasar peramal untuk menceritakan peruntungan-peruntungan pelangganya.


Kopi pun bisa

Selain teh, juga bisa mengunakan kopi. Tya menjelaskan jika mengunakan kopi akan lebih susah.

Karena kopi memiliki tekstur yang lembut dan sulit untuk menyebar ke seluruh bagian cangkir dan lepek.

"Kalau mengunakan teh penyebaran dari daun teh bisa menyebar ke mana-mana, kalau menggunakan kopi, biasanya hanya mengumpul di bawah dan di satu titik saja karena terlalu lembut," ujar Tya.

Saat memutar cangkir dan menuangkan teh di lepek, setiap orang akan menghasilkan bentuk yang berbeda-beda. Tia mengatakan jika teh yang tersisa di cangkir bisa berbentuk sebuah gambar atau memiliki pola tersendiri.

"Teh itu bisa membentuk gambaran, di dasar gelas teh bisa berbentuk macam-macam seperti melihat awan. Saya bisa melihat kalau teh ini bentuknya menyerupai apa," ujarnya.

Stan Tasseografi bisa ditemukan di Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Acara ini diadakan oleh  Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta digelar 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan dan Parkir Selatan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/09/180200727/harry-potter-jadi-nyata-yuk-coba-meramal-dengan-teh-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.