Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Transportasi ke Basecamp Gunung Pakuwaja dari Kota Wonosobo

Meski ketinggiannya hanya sekitar 2.421 meter di atas permukaan laut, Gunung Pakuwaja memiliki keunikan tersendiri. Keunikan itu adalah sebuah batu vertikal raksasa setinggi 50 meter yang konon merupakan Paku Pulau Jawa.

Selain unik, Gunung Pakuwaja juga menyajikan keindahan dari ketinggian. Pendaki bisa menyaksikan keindahan kawasan dataran Tinggi Dieng, termasuk Telaga Warna dan Kompleks Candi Arjuna.

Gunung Pakuwaja tepatnya berada di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja berada tidak jauh dari Basecamp Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng.

Menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja

Perjalanan menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja dari Kota Wonosobo adalah sekitar satu jam perjalanan. Letak Desa Parikesit ada di gang pertama sebelah kiri jalan usai gapura bertuliskan Kawasan Dieng Plateau.

Nantinya Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja ada di tengan Desa Parikesit tersebut. Jarak tempuh ke sana dari Kota Wonosobo biasanya adalah sekitar satu jam.

Karena searah dengan jalan utama Kota Wonosobo menuju Dataran Tinggi Dieng, kondisi jalan sampai ke Desa Parikesit sudah sangat baik. Perjalanan bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi atau umum.

Jika dengan kendaraan pribadi, hanya sepeda motor yang bisa mencapai halaman depan basecamp.

Sementara kendaraan seperti mobil hanya bisa diparkir di sekitar Masjid Desa Parikesit karena kondisi jalan sampai ke basecamp yang sempit.

Transportasi umum menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja

Jika ingin menggunakan sarana transportasi umum, hal itu tidaklah sulit untuk dilakukan. Sebagai jalur utama menuju Dieng, ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan.

Biasanya wisatawan menggunakan moda transportasi umum bus kecil dengan trayek Kota Wonosobo (Terminal Mendolo) – Dieng Batur jika hendak berkunjung ke kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

Bus itulah yang bisa digunakan pendaki untuk menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja. Menuju ke sana memang searah dengan perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng.

Perjalanan bisa dimulai dari Terminal Mendolo Wonosobo dengan bus kecil jurusan Dieng. Namun perjalanan nanti tidak sampai Dieng, melainkan turun di Gerbang Desa Parikesit. Cukup bilang kepada kernet, bus akan berhenti di sana.

Namun, bus kecil itu tidak 24 jam melayani penumpang. Jam operasonal bus dari Terminal Mendolo-Dieng paling sore hanya sampai pukul 17.00 WIB.

Sementara itu jika dari Dieng, bus kecil terakhir beroperasi sampai pukul 18.00 WIB. Oleh karena itu, pendaki harus pandai-pandai mengatur wkatu keberangkatan agar tidak sampai kehabisan bus.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/10/192800227/panduan-transportasi-ke-basecamp-gunung-pakuwaja-dari-kota-wonosobo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke