Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Makanan Khas Cianjur Geco

Sesuai namanya geco adalah satu hidangan yang didominasi dengan tauge atau kecambah dan tauco, bumbu dapur yang berasal daro fermentasi kedelai.

Makanan khas Cianjur satu ini memiliki citarasa yang segar. Geco terdiri dari irisan ketupat, rebusan tauge, mi sagu, irisan kentang goreng, tahu goreng lalu disiram bumbu tauco ditumis bersama kecap asin, daun bawang, cabai, dan cuka.

Suapan pertama yang dirasakan mungkin sedikit asam bagi orang yang baru pertama kali mencoba hidangan ini. Tauge yang renyah dan berair jika dikunyah berpadu dengan saus tauco yang sedap membuat masakan satu ini tak membuat enek.

Rasa sedikit asam dari tauco mendominasi setiap isian dari sepiring geco. Lebih nikmat lagi jika di atasnya diberi taburan bawang goreng yang memiliki rasa gurih.

Jika ingin menikmati hidangan satu ini, kamu bisa membuat sendiri di dapur. Bahan yang diperlukan cukup sederhana. Untuk isiannya yang perlu disiapkan adalah 250 gram tauge yang sudah diseduh, 150 gram mie sagu, 10 cabe rawit merah.

Bahan-bahan lainnya yang perlu disiapkan adalah bahan untuk kuahnya ada tujuh sendok makan tauco, lima siung bawang merah diiris tipis, tiga siung bawang putih diiris tipis, dan tiga daun bawang diiris tipis.

Kemudian, dua sendok makan kecap manis, dua lembar daun salam, dua cm lengkuas yang telah dimemarkan, satu sendok teh gula merah, satu liter air, satu sendok teh cuka. Jangan lupa untuk menambahkan minyak secukupnya untuk menumis dan garap sesuai selera.

Langkah-langkah pembuatannya adalah, pertama tumis bawangputih, bawang merah, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Jika sudah, masukan tauco, kecap manis dan air. Tambahkan garam dan gula merah.

Aduk sampai mendidih dan matang. masukan daun bawang dan cuka, lalu sambil terus diaduk sampai rata.

Setelah itu susun kentang, tauge, mi, dan tahu iris dadu dalam mangkok saji. Jika sudah siramkan saus tauco, tak lupa sajikan dengan bawang goreng dan cabai rawit. Geco makanan khas dari Cianjur siap disantap.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/12/120400427/cara-membuat-makanan-khas-cianjur-geco

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke