Salin Artikel

Oleh-Oleh Khas Cianjur, Jangan Lupa Beli Makanan dan Kopi Ini

Udara Cianjur yang sejuk dan jauh dari polusi membuat wisatawan betah berkeliling di Kota Santri itu.

Jika berkunjung ke Cianjur, jangan lupa untuk membawa pulang buah tangan khas Cianjur. Berikut empat oleh-oleh yang wajib dibawa pulang ketika kamu sedang berkunjung ke Cianjur.

1. Tauco Cap Meong

Tauco satu ini sudah menjadi ikon Kota Cianjur. Berdiri sejak tahun 1880, Tauco Cap Meong berhasil menarik pelanggan dari luar kota untuk berkunjung ke Cianjur. Tauco pertama di Cianjur ini bisa dibeli di outlet lamanya di Jalan HOS Cokroaminoto No. 160, Cianjur.

Tauco Cap Meong yang sudah berusia satu abad lebih itu memiliki cita rasa asin, gurih dan bisa menjadi salah satu bumbu masak di dapur kamu. Tauco bisa menjadi pelengkap rasa di makan seperti tumis kangkung, tumis genjer, ikan gurame bumbu tauco dan masih banyak lagi.

Tauco Cap Meong memiliki 2 varian, ada yang tauco kering seharga Rp 15.000  dan tauco siap pakai seharga Rp 20.000.

Roti manis adalah salah satu jenis roti yang ada di Toko Roti Tan Keng Chu. Walaupun bahannya sederhana, roti ini tak lenyap ditelan zaman.

Roti jadul dari Toko yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 95, Cianjur ini dapat diacungi jempol karena tekturnya yang empuk dan rasa manis yang pas.

Selain roti manis yang sudah ada sejak lama dan roti tawar yang dulu dikonsumsi tentara Belanda, kini Toko Roti Tan Keng Cu mulai melebarkan sayapnya ke hidangan berbahan dasar roti lainya. Seperti zuppa soup , aneka pizza, dan roti dengan isian bervariasi.


3. Manisan Mulia Sari Ny. Tan

Manisan Mulia Sari yang berada di JL. Hos Cokroaminoto no. 205, Cianjur menjadi salah satu pemberhentian untuk mencari buah tangan. Manisan pada toko satu ini sudah terbukti nikmatnya, karena telah melewati beberapa dekade dan masih digemari oleh pengunjung dari masa ke masa.

Manisan Cianjur pertama dibuat oleh Mulyawati wanita keturunan Cina yang sering dipanggil Ny Tan tahun 1950-an. Manisan ini terkenal dan melegenda di Cianjur,menjual manisan seperti manisan salak, mangga, kedondong, pala.

Selain itu, rasanya variatif, ada yang manis saja dan adapula yang pedas manis.

Namun karena proses perendaman buah-buahan dalam gula dan garam dengan air yang matang. Harga perkilo manisan diperkirakan dari Rp. 40.000,- hingga Rp.100.000.

4. Kopi Sarongge

Kopi dari kebun petani Sarongge ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan kopi-kopi asli Indonesia lainnya.

Yang membedakan kopi arabica dari Sarongge dan tempat lain adalah, mempunyai body sedang dan asam lembut. Ada rasa segar buah dan sedikit manis di ujungnya.

Kopi Arabica di sini, ditanam dengan pola agroforestry. Mereka kembalikan kopi menjadi tumbuhan hutan.

Arabica Sarongge, enak dinikmati ketika hangat, juga dalam seduhan dingin.

Tak hanya arabica, melainkan ada beberapa varian dari kopi Sarongge seperti Sarongge full wash, Saronge honey, Sarongge natural, Saronge winey, Saronge luwak, Sarongge lanang, Sarongge 1535,Sarongge rosidi, Sarongge Ki hujan.

Jika ingin mencicipi kopi ini anda bisa mengunjungi Negri Kopi sebagai tempat pengolahan kopi Sarongge yang berada di Jalan Pasir Saringge, Desa Ciputri, RT 01/RW 07, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/15/190400427/oleh-oleh-khas-cianjur-jangan-lupa-beli-makanan-dan-kopi-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.