Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Wisata Cianjur 2 Hari 1 Malam, Ini Rekomendasi dan Kisaran Biayanya

CIANJUR, KOMPAS.com - Liburan ke Cianjur merupakan salah satu pilihan menarik untuk menghabiskan akhir pekan.

Jarak dengan ibu kota yang relatif tak jauh, memudahkan akses wisatawan untuk berlibur ke Cianjur.

Cuaca yang sejuk dan kota yang relatif tak terlalu padat membuat Cianjur menjadi tempat yang cocok untuk melepas lelah dan penat.

Bila ingin ke Cianjur, kamu bisa berkunjung di beberapa lokasi wisata. Pastikan sebelum berangkat kamu sudah mempersiapkan transportasi, kamar hotel, uang saku, dan tujuan wisata.

Berwisata akhir pekan di Cianjur, menginap satu malam adalah pilihan terbaik. Jika hanya liburan satu hari di Cianjur, tenaga dan waktumu hanya akan habis di perjalanan serta tak banyak mengunjungi obyek wisata.

Jika ingin berkunjung ke Cianjur, disarankan mengunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Kamu bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan dengan menggunakan mobil. Perjalanan akan melewati jalan tol Jagorawi dan menempuh waktu kurang lebih 4 jam tergantung arus lalu lintas.

Untuk biaya masuk tol Jagorawi sebesar Rp. 8.500 dari pintu masuk TOL Jakarta ke Ciawi begitu pula sebaliknya. Setelah keluar ke gerbang tol Ciawi bisa melanjutkan perjalanan ke arah Cianjut melalui Jalan Raya Puncak.

Untuk biaya bahan bakar ini juga yang perlu diperhatikan. Agar perjalanan wisata kamu lancar persiapkan uang untuk perjalanan dua hari tersebut.

Biaya untuk mengisi bahan bakar sebaiknya sisihkan sebanyak Rp. 300.000 agar tidak ketar-ketir saat di tengah perjalanan, bahan bakar mulai menipis.

Jika ingin berlibur dalam waktu satu malam di Cianjur tidak disarankan untuk mengunakan transportasi umum seperti bus. Perjalanan menggunakan bus akan memakan waktu hingga lebih dari 10 jam.


Hari Pertama

Sabtu pagi, berangkat dari Jakarta sekitar jam 06.00 WIB. Hal ini bertujuan untuk menghindari kepadatan volume kendaraan dan menyebabkan kemacetan. Bila berangkat tepat waktu, perkiraan tiba sampai Cianjur sekitar pukul 10.00 WIB.

Tujuan pertama bisa menuju ke tempat pembuatan Tauco Cap Meong, di Jl. Gunung Lajung KM 5 Cugenang, Kab. Cianjur.

Kamu juga bisa membawa pulang Tauco Cap Meong yang legendaris dari Cianjur.

Dari Tauco Cianjur, kamu bisa merapat ke Restoran Ikan Bakar Cianjur. Restoran Ikan Bakar Cianjur ini berbeda dengan yang ada di kota-kota lain karena menghadirkan suasana Sunda yang pekat.

Kamu bisa menikmati makanan khas Sunda sambari menikmati pemandangan gunung yang asri di Restoran Ikan Bakar Cianjur. Hidangan yang patut dicoba adalah nasi liwet, gurame pesmol, dan tumis pucuk labu.

Setelah puas makan siang, berburu makanan penutup dengan rasa manis bisa jadi . Kamu bisa mengunjungi manisan Mulia Sari Cianjur yang berada di Jalan Hos Cokroaminoto no. 205, Cianjur.

Rasa segar dari buah dipadupadankan dengan rasa manis gula pasir dapat membuat penikmatnya ketagihan. Manisan Mulia Sari dijual dari harga Rp 40.000 hingga Rp 100.000.

Setelah puas memakan manisan, kamu bisa bersantai di Alun-alun Kota Cianjur. Kamu bisa bersantai duduk di bawah pohon yang rindang dengan menikmati segelas es jeruk kelapa muda yang dijual sangat banyak di sana.

Untuk rekomendasi penginapan di Cianjur ada beberapa hotel seperti Shine BNB, TW Hotel, dan Bydiel Hotel. Harga menginap mulai dari Rp 300.000 per malam. Hotel-hotel tersebut masih berada di sekitar pusat Kota Cianjur dan mudah untuk diakses.

Setelah check-in dan selesai membersihkan tubuh, waktunya untuk makan malam. Untuk makan malam jangan lewatkan untuk menyantap Sate Maranggi Ma Nunung yang berada di Jalan K. H. Ashari Nomor 13, Solokpandan, Cianjur.

Sate Maranggi memiliki keunikan yaitu disantap mengunakan nasi uduk dan ketan. Sate maranggi tidak seperti sate biasanya yang disajikan dengan bumbu kacang tetapi sate ini diselimuti bumbu dari kecap, cuka dan ketumbar yang dihaluskan.

Rasa manis dan gurih serasa satu piring sate maranggi dan ketan atau nasi uduk tak cukup. Sate maranggi Ma Nunung buka pada jam 07.00 sampai jam 23.00 WIB.

Sate maranggi Ma Nunung dapat dikunjungi di jalan K. H. Ashari No.13, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur.


Hari Kedua

Untuk hari kedua, kamu bisa mencari sarapan di Toko Roti Tan Keng Cu. Toko roti sejak zaman kolonial ini dulunya sebagai pemasok roti tawar bagi tentara Belanda se-Jawa Barat.

Toko Roti ini tak lenyap dimakan oleh waktu. Rasa yang dihadirkan sangat pas meskipun roti yang dijual sangat sederhana. Tekstur kenyal dan rasa manis roti cocok dinikmati dengan teh atau kopi hangat.

Roti manis merupakan salah satu roti andalan dari toko roti yang sudah berdiri sejak 1926. Selain roti tempo dulu, Toko Roti Tan Keng Cu juga berinovasi menghadirkan hidangan dengan selera kekinian seperti aneka pizza, zupa soup, dan roti dengan beraneka ragam rasa.

Perjalanan dari pusat Kota Cianjur ke Saung Sarongge bisa mencapai 30 sampai 45 menit. Sampai di sana, banyak kegiatan yang bisa menambah seru liburanmu. Kamu bisa mengikuti berbagai workshop dari masyarakat desa di Saung Sarongge.

Kamu dapat belajar bagaimana memetik kubis, buncis dan bayam Jepang atau mengolah pupuk organik. Kamu juga bisa belajar memasak dari hasil sayur-mayur yang telah dipanen sendiri.

Selain tentang workshop mengenai perkebunan organik, ada juga kegiatan di perternakan kelinci dan kambing.

Kamu dapat mengikuti workshop membuat sabun sereh, kerajinan dari barang bekas dan masih banyak lagi.

Di sekitar saung terdapat perkebunan teh yang pemandangannya asri dan dipenuhi warna hijau, dapat mengusir penat dan lelah saat beraktivitas di daerah perkotaan.

Sebelum pulang, tak lupa kamu juga dapat berbelanja hasil karya ibu-ibu UKM di saung Sarongge. Kamu bisa membeli sabun sereh, lulur alami, manisan khas Cianjur, aneka olahan sambal, teh dan masih banyak lagi.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/15/210500627/itinerary-wisata-cianjur-2-hari-1-malam-ini-rekomendasi-dan-kisaran-biayanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke