Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Event Wisata Bangka Belitung Masuk Top 100 Calender of Event 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat event pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masuk ke dalam Calender Of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020. Adapun empat acara tersebut adalah Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rivai mengatakan bahwa empat atraksi Babel yang lolos merupakan bagian dari sepuluh atraksi wisata yang diminta oleh Kementerian Pariwisata.

“Alhamdulilah, khusus dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari tahun ke tahun mengalami penambahan,” ujar Rivai dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/10/2019).

Menurut Rivai, 10 event yang diminta Kementerin Pariwisata tersebut adalah Toboali City On Fire, Festival Tanjung Kelayang, Bangka Culture Wave, Sungailiat Triathlon, Jelajah Pesona Jalur Rempah, Festival Jiran Nusantara, Ngembarik de Belitong Timor, Festival Karang Lintang, Pesona Belitung Beach Festival dan Belitung Creative Week.

Pada tahun 2018, ada dua event yang masuk dalam daftar CoE Wonderful Indonesia yakni Festival Tanjung Kelayang dan Bangka Culture Wave. Tahun 2019 bertambah satu yakni Toboali City On Fire.

"Dan Alhamdulilah hari ini bertambah lagi satu yakni menjadi empat event yaituToboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah," tambah Rivai.

Ia berharap dukungan Kementerian Pariwisata dapat meningkatkan kualitas event melalui peningkatan kriteria penilaian. Adapun kriteria ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata yakni setiap eventharus memiliki nilai budaya/kreatif, nilai komersil dan nilai komunikasi/media.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan bahwa CoE Wonderful Indonesia 2020 merupakan salah satu program strategis Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan daya tarik wisata di Indonesia.

“Calender Of Event Wonderful Indonesia diharapkan mampu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) ke Tanah Air. Melalui media ini, wisman maupun wisnus dapat mengetahui jadwal event wisata maupun budaya sepanjang tahun 2020 mendatang,“ ujar Arief.

Arief menuturkan penyelenggaraan event-event di Indonesia diharapkan memiliki standar nasional dan internasional yang meliputi tiga aspek yakni koreografi, penataan musik maupun kostum dan busana.

“Event yang diusulkan oleh 34 provinsi kemudian dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar RI yang kemudian ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020. Nantinya Kemenpar akan melakukan pendampingan terhadap 100 event yang masuk dalam CoE 2020,” ujar Arief.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/16/183200427/4-event-wisata-bangka-belitung-masuk-top-100-calender-of-event-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke