Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Museum Lhokseumawe Diresmikan, Sekarang Terbuka untuk Umum

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Lhokseumawe, akan meresmikan penggunaan Museum Lhokseumawe, Jumat (18/10/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, dijadwalkan membuka museum yang berada di depan gedung Islamic Center, Jalan T Hamzah Bendahara, Kota Lhokseumawe itu.

Panitia peresmian museum, Asep, Kamis (17/9/2019) menyebutkan selain peresmian museum juga dipentaskan pertunjukan seni tradisional di area tersebut. Saat ini, museum itu menyimpan koleksi benda bersejarah mulai peta Lhokseumawe tempo dulu hingga koleksi koine mas dan aneka senjata tradisional.

Museum yang dibangun tahun 2014 ini menghabiskan dana Rp 1,8 miliar. Setahun terakhir, museum dibuka terbatas untuk murid sekolah dasar pada jam-jam tertentu.

“Nanti setelah diresmikan akan dibuka secara umum. Untuk masyarakat umum,” kata Asep.

Bangunan museum itu meniru rumah tradisional Aceh lengkap dengan dua tempat penyimpanan padi di depannya. Area parkir yang luas menjadi kelebihan museum ini.

Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, mengharapkan, museum itu diharapkan menjadi tempat masyarakat mengetahui peristiwa masa lampau di Lhokseumawe.

“Sejarah itu penting, karena itu masyarakat harus tahu. Saya minta dibuka umum, dilengkapi koleksinya. Agar anak muda, tahu siapa leluhurnya dulu dan bagaimana kehebatan mereka,” kata Suaidi.

Selain itu, dia mengajak seluruh masyarakat menjadikan museum itu sebagai lokasi wisata sejarah. Menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan nusantara.

“Komitmen kita untuk terus melengkapi koleksi museum,” pungkas Suaidi.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/18/120000827/museum-lhokseumawe-diresmikan-sekarang-terbuka-untuk-umum

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke