Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sosok Menteri Pariwisata yang Diharapkan Pelaku Industri MICE

Tak terkecuali di sektor pariwisata. Para stakeholder berharap siapapun menteri yang terpilih akan membawa pariwisata Indonesia menjadi lebih baik.

Aktivitas di industri pariwisata yakni MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) atau Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran juga diharapkan dapat lebih disorot untuk masa mendatang.

"Menteri pariwisata yang baru harus mengerti soal tourism secara menyeluruh, bukan hanya melihat dari sisi leisure (wisata) saja, tetapi dari sisi MICE juga," kata Vice Chairman dari Indonesia Convention Anda Exhibition Bureau, Hosea Andreas Runkat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Hosea juga merupakan Chairman Acceleration Team of Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Development dari Kementerian Pariwisata.

Menurutnya, MICE punya kekuatan bisnis cukup besar di industri pariwisata. Daya beli turis MICE mencapai 1 banding 5 sampai 1 banding 7, jika dibandingkan turis leisure.


Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Congress & Convention Asosiaciation (INCCA) Iqbal Alan Abdullah.

Ia menilai pada periode lima tahun belakang, industri MICE kurang difokuskan. Baru satu tahun belakang ketika ada IMF-World Bank Annual Meeting 2018, MICE baru diperhatikan.

"Selama ini MICE tidak dilihat sebagai pasar yang strategis. Padahal MICE ini bisa mendatangkan uang besar dalam waktu singkat," kata Iqbal dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Apalagi, lanjutnya, Indonesia sebenarnya aktif dalam pergaulan luar negeri.

"Dan, itu bisa dimanfaatkan misalnya jadi tuan rumah acara," tutur Iqbal.

Iqbal berharap MICE dapat dijadikan ujung tombak pariwisata oleh menteri pariwisata periode 2019-2024.

"Kalau perlu jadikan namanya Kementerian Pariwisata dan MICE, atau paling tidak tambahkan MICE dalam struktur organisasi, biar (kebijakan) tegas," jelas Iqbal.

Sementara itu, Hosea berharap menteri pariwisata yang baru dapat bergaul dan diterima oleh asosiasi pariwisata baik di industri wisata maupun MICE.

"Sebaiknya menteri pariwisata yang baru mempunyai latar belakang dari sisi pariwisata, kalau perlu wakilnya dari sisi pebisnis, klop lah," kata Hosea.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/19/180500627/sosok-menteri-pariwisata-yang-diharapkan-pelaku-industri-mice

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke