Salin Artikel

6 Pantai Indah di Pacitan, Cocok untuk Wisata Touring Saat Libur

Hal itu menjadikan Pacitan sebagai destinasi wisata yang pas dikunjungi saat akhir pekan.
Pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, langit biru dan awan putihnya, serta dikelilingi perbukitan hijau menjadi lanskap umum pantai-pantai di Pacitan.

Kompas.com telah menjelajah beberapa pantai terindah di kabupaten yang menjadi tempat kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Enam pantai ini membentang di jalur selatan Pacitan, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan wisata touring sepeda atau sepeda motor. 

Berikut ini adalah enam pantai indah di Pacitan rekomendasi Kompas.com yang pas dikunjungi saat liburan:

1. Pantai Banyu Tibo

Keunikan langsung tersaji di urutan pertama ini. Banyu Tibo berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yakni banyu yang berarti air dan tibo dengan arti jatuh. Banyu Tibo pun bisa diartikan sebagai air terjun.

Sesuai namanya, terdapat air terjun yang langsung mengarah di kawasan pasir putih Pantai Banyu Tibo ini.

Wisatawan pun bisa mandi di bawah guyuran air terjun tersebut. Mereka pun bisa leluasa bermain air laut di atas pasir putih yang lembut.

Namun, hendaknya wisatawan tetap berhati-hati karena ombak pantai daerah selatan terkenal tinggi.

2. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan berada di sebelah timur Pantai Banyu Tibo. Kedua pantai itu sama-sama berada di kecamatan paling barat Pacitan, Donorojo.

Lanskap yang langit biru dengan pantai pasir putih menjadi andalan Pantai Buyutan. Hal itu sukses menarik kunjungan banyak wisatawan, terutama pada hari libur.

Ciri khas pantai-pantai di Pacitan memang sangat melekat di sini. Selain itu, ada pula keunikan yang membuat Pantau Buyutan semakin menarik.

Keunikan itu berupa sebuah batu yang berbentuk seperti mahkota dewa. Konon batu itu adalah mahkota Dewa Narada yang jatuh ke bumi.

3. Pantai Klayar

Ke arah timur lagi, pantai selanjutnya adalah Klayar. Pantai ini bisa dibilang merupakan salah obyek wisata andalan Kabupaten Pacitan.

Keindahan Pantai Klayar sudah lengkap dengan infrastruktur dan berbagai fasilitas yang dibangun di sana.

Wisatawan bisa menjangkau pantai ini dengan berbagai kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga bus besar.

Oleh karena itu, tidak heran jika Pantai Klayar hampir selalu dipadati wisatawan saat akhir pekan.

Keunikan yang tersaji pun masih belum berakhir. Wisatawan bisa melihat keunikan seruling samudera berupa ombak yang menyembur dari celah karang.

4. Pantai Kasap

Pacitan ternyata punya Raja Ampat. Jika tidak percaya, datang saja ke Pantai Kasap. Pantai ini memang memiliki julukan sebagai Raja Ampat-nya Pacitan.

Hal itu karena adanya gugusan karang yang sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua. Selain menjadi keunikan, hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Wisatawan bisa berjalan sampai di atas puncak bukit karang untuk bisa berfoto dengan obyek gugusan karang tersebut.

Sore hari yang cerah saat weekdays menjadi saat paling pas untuk menikmati dan mengabadikan keindahan Pantai Kasap ini.

5. Pantau Srau

Gelar surga pasir putih-nya Pacitan pantas disematkan kepada pantai ini. Itu karena Pantai Srau memiliki kawasan garis pantai pasir putih yang panjang.

Total ada tiga kawasan di Pantai Srau ini. Warga setempat biasanya menyebutnya sebagai Pantai Srau I, II, dan III.

Kawasan pantai yang luas menjadikan Srau sebagai salah satu tempat terbaik untuk camping. Hal itu juga membuat pantai ini bisa menampung banyak wisatawan.

Bahkan saat kunjungan terbanyak wisatawan pada akhir pekan, masih ada beberapa titik pantai yang sepi. Pengunjung pun bisa leluasa bermain air atau berfoto di kawasan yang sepi itu.

6. Pantai Soge

Pantai pasir putih yang tepat berada di tepi jalan merupakan sesuatu yang cukup langka. Namun, Pacitan memiliki pantai dengan ciri khas itu, yakni di Pantai Soge.

Keunikan ini sukses menjadi magnet pengunjung dari berbagai daerah. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen di tengah jalan dengan latar belakang pantai dan kawasan perbukitan yang menawan.

Pantai ini berada di samping jalan alternatif Pacitan-Trenggalek tanpa perlu melewati Kabupaten Ponorogo. Sementara jalan utama Pacitan-Trenggalek biasanya melewati Bumi Reog (julukan Ponorogo).

https://travel.kompas.com/read/2019/10/25/060300627/6-pantai-indah-di-pacitan-cocok-untuk-wisata-touring-saat-libur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.