Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

M Bloc Space, Tempat Hits Baru Anak Muda Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Riuh ramai canda tawa dan obrolan bersemangat khas anak muda terdengar di Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2019). Sebuah tempat nan ramai itu bernama M Bloc Space.

Sekilas tampak bangunan rumah bergaya vintage (zaman dulu). Rumah-rumah dengan arsitektur tropis 1950an.

Dahulu deretan rumah ini adalah rumah dinas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). 

Rumah-rumah ini sempat berada di puncak jaya dan begitu hidup pasca kemerdekaan. Sampai pada 2005, rumah-rumah ini terbengkalai dan tampak usang.

Ditambah pembangunan mal dan MRT, rumah dinas Perum Peruri tampak mati suri tak tersentuh waktu.  

Kini, kawasan tersebut berubah menjadi sebuah creative hub baru yang mewadahi kebutuhan kaum muda urban yang kreatif.

Kompas.com berkesempatan merasakan bagaimana anak-anak muda menikmati malam minggunya Sabtu (26/10/2019) di bekas lahan mati rumah Dinas Peruri ini

Iringan rekaman lagu American Idiot dari grup band Green Day menjadi salah satu pemecah suasana di tenant Tokyo Skipjack yang baru saja dibuka. Tampak anak-anak muda berdansa menikmati iringan lagu itu di dalam restoran steak ala Jepang ini.

Salah satu anak muda yang tengah menghabiskan malam di M Bloc adalah Eka (24). Ia mengaku menikmati betul suasana di setiap sudut tempat yang baru diresmikan akhir bulan lalu itu.

“Gue senang aja liat tempat-tempat kayak gini, anak muda banget,” kata Eka kepada Kompas.com, Sabtu (26/10/2019).

Eka juga menyebut tempat yang didesain retro ini juga ramai karena terletak di pinggir jalan.

“Ya mudah dijangkau sih, terus juga jauh dari rumah-rumah warga, gak mengganggu warga sekitar, “ lanjutnya sembari menikmati iringan musik di Tokyo Skipjack.

Pendapat senada juga disampaikan Suci (26), ia sudah datang ke M Bloc Space dua kali namun tidak pernah bosan untuk kembali ke tempat ini.

“Tempatnya seru sih, kan biasanya anak muda itu ke mall, kayak ini tuh break dari rutinitas gitu sih, dia kan open space, jadi kayak lebih banyak vendor-vendor indie gitu kan, contohnya ada demajors, jadi lumayan fresh lah tempatnya,” kata Suci yang datang ke M Bloc Space bersama teman-temannya.

Tercatat beberapa tenant di M Bloc Space seperti Unionwell, Tokyo Skipjack, Kedai Tjikini, Mbok Ndoro, Roastman, Temu, Oeang, Chickro, Connectoon, Beyoutiful, Demajors, Kebunide, Padang to go, dan Suwe Ora Jamu.

M Bloc Space adalah sebuah wadah atau ruang kreatif muda-mudi yang baru saja diresmikan pada Kamis (26/9/2019). Ruang kreatif ini tercipta atas kerja sama Perum Peruri dan PT Ruang Milenial.

Lokasinya berada persis sebelum Terminal Blok M. Jika kamu menggunakan MRT bisa turun di Stasiun MRT ASEAN atau di Stasiun MRT Blok M BCA.

Kamu disarankan untuk naik kendaraan umum untuk menuju ke ruang publik baru di Jakarta Selatan ini, karena pengelola M Bloc Space memang belum menyediakan lahan parkir.

Masuk ke ruang tengah M Bloc, kamu akan melihat bangunan berkonsep outdoor. Ruang tengah ini nantinya akan menjadi titik kumpul anak muda seperti diskusi publik. Tampak juga sejumlah mural yang menghiasi tembok di ruang tengah.

Bagian dalam M Bloc lebih berkonsep indoor dan digunakan sebagai panggung musik. Beberapa musisi populer juga pernah tampil di sini seperti Glenn Fredly, Mocca, Tompi, NAIF, dan masih banyak lagi.

Menurut salah satu valet yang ada di M Bloc Space Solihin, tempat ini masih dalam tahap penyelesaian. Oleh karena itu, tampak beberapa sudut yang masih banyak perbaikan.

“Sebulanan lagi baru kelar kemungkinan renovasinya, ini masih dikelola sama Dinas Peruri,” ujarnya.

M Bloc Space bisa menjadi pilihan untuk berakhir pekan di Jakarta, merasakan kembali hidupnya kawasan Blok M sebagai wadah berkumpul anak gaul Jakarta. Tentunya di bekas rumah yang penuh sejarah dan kisah tersendiri.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/28/165000227/m-bloc-space-tempat-hits-baru-anak-muda-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke