Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Rekomendasi Street Food Malaysia. Benarkah Mengalahkan Punya Singapura?

Kemarahan netizen Malaysia memuncak saat mengetahui bahwa Negeri Jiran tidak masuk ke daftar makanan jalanan terbaik.

Mereka beranggapan bahwa street food Malaysia memiliki keunggulan tersendiri sehingga sangat disayangkan jika tidak masuk dapam daftar The World’s 50 Best Cities For Street Food-Obsessed Travellers.

Bahkan sampai ada netizen Malaysia yang mengklaim makanan jalanan Malaysia lebih baik dari Singapura. 

"Dear @ceoworld, have you heard about Malaysia? We have much better street food than Singapore. (Apakah pernah dengan tentang Malaysia, kami punya makanan jalanan lebih baik dari Singapura)," tulis akun @TheRafey, Rafizal or Rafey.

Biasanya dihidangkan dengan kare yang berisi daging kambing atau sapi. Sedangkan roti tisue sendiri adalah roti yang sangat tipis dan sangat renyah.

Berbeda dengan roti canai roti tisue berbentuk lingkaran yang disajikan dengan mengerucut dan diatasnya ditaburi dengan macam-macam toping. Keju, coklat, susu kental manis biasanya menjadi pelengkap roti tisue.

Namun, jika berkunjung ke Negeri Jiran jangan lupa untuk mencicipi hidangan satu ini. Perbedaan nasi lemak dengan nasi uduk terletak di lauk.

Di Malaysia nasi lemak wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang. Bisa rendang ayam, ataupun rendang daging sapi. Selain itu nasi lemak juga dilengkapi dengan sambal teri kacang, dan telur balado.


3. Roti John

Roti ini menjadi makanan jalanan yang sering dicari di Malaysia. Sebutan "John" berasal dari panggilan orang Malaysia kepada orang kulit putih atau orang Inggris yang dulu sempat menjajah negara itu.

Roti John merupakan adaptasi dari kebiasaan orang Inggris yang sering memakan roti dengan telur dan bawang bombay. Hanya saja roti john mengadaptasi dengan teknik masak yang berbeda.  

Rendang Malaysia menggunakan daun salam koja. Sehingga, rasa yang dihasilkan jauh lebih kuat dan punya karakter. Soal tekstur rendang Malaysia memiliki tekstur yang lebih empuk.
Berbanding terbalik dengan rendang Indonesia yang memiliki serat daging lebih tebal.

Namun, rendang Malaysia terlihat jauh lebih kering dan tak berminyak seperti kebanyakan rendang di Indonesia.

Saat kamu memesan Hor Fun di Ipoh, kamu akan mendapatkan semangkuk mi datar yang dilumuri kaldu ayam dan udang manis, lalu dihias dengan cengkeh, daging ayam, dan udang.

Hokkien mee di Kuala Lumpur menggunakan mie kuning telur yang direbus dalam kecap hitam.

Hasilnya adalah saus berwarna cokelat gelap yang kemudian di lengkapi dengan daging babi, cumi, hati babi, udang, lemak babi, dan choi sum, bersama dengan sedikit sambal belacan untuk tendangan pedas.

Versi Penang dimasak dalam stok udang harum, dengan daging babi, ayam, dan udang segar ditambahkan ke dalam campuran. Sup ini kemudian dihias dengan kue ikan, iga babi, cumi-cumi, daun bawang, udang dan jeruk nipis. Jadi ada baiknya umat Islam tidak menyantap hokkien mie di Malaysia, karena jarang ada yang halal. 

https://travel.kompas.com/read/2019/10/28/210500427/6-rekomendasi-street-food-malaysia.-benarkah-mengalahkan-punya-singapura-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke