Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Flores, 9 Pantai Tersembunyi di Pesisir Selatan Manggarai Timur

KOMPAS.com - Sepanjang pesisir selatan dari Manggarai Timur terdapat enam pantai yang layak dikunjungi wisatawan.

Pantai-pantai ini cocok untuk berwisata pantai sambil mandi di air laut serta menikmati keindahan pantai berpasir putih.

Ada sejumlah pantai yang sudah masuk dalam peta perjalanan wisata dunia. Yang paling terkenal di seluruh Eropa dan sering dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Pantai Mbolata.

Namun bagi warga Flores Barat dan Timur, bukan hanya Mbolata yang dikunjungi untuk menikmati suasana pantai serta melepaskan kelelahan di akhir pekan.

Ada sejumlah pantai sebagai alternatif untuk dikunjungi yang berada di deretan pesisir selatan dari Manggarai Timur, di antaranya Pantai Mabaruju, pantai sekitar sawah garam, Mbolata, Mausui, serta padang penggembalaan Mausui.

Ada pula Pantai Watu Kodi, Nangarawa, Ghore ghare hingga di Pantai Lian Mbala yang berada di perbatasan Kelurahan Tanahrata dengan Kota Ndora, Kecamatan Borong.

Namun semua pantai ini masih tersembunyi dan belum dikembangkan serta dipromosikan secara luas. Hanya orang lokal dari Manggarai Timur dan warga Pulau Flores yang menikmati keindahan alam di sepanjang Pantai Selatan.

Akses jalan ke pantai-pantai ini sebagian besar masih berupa jalan tanah. Sepanjang pesisir selatan itu, wisatawan juga menikmati matahari terbenam serta matahari terbit.

Betul-betul pantai sangat indah di sisi selatan dari Manggarai Timur. Pantai-pantai ini bahkan tak jauh dari jalan Transflores Labuan Bajo-Flores Timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai Timur, Yos Marto saat dihubungi Kompas.com, melalui telepon selulernya, Jumat, (19/10/2019) menjelaskan, pantai pesisir selatan mulai dari Waengga hingga perbatasan dengan Kabulaten Manggarai di bagian selatan sudah masuk dalam rencana tata ruang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rencananya akan dijadikan sebagai jalan strategis Nasional. Jalan strategis nasional itu menghubungkan tiga Kabupaten (Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat) yang berada di sisi selatan dari kawasan Flores Barat.

"Draf akhir dari RTRW Provinsi sudah dibahas. Tinggal pengesahan dari DPRD Provinsi untuk lanjutnya diajukan kepada Pemerintah Pusat," katanya.

"Jika sudah menjadi jalan strategis Nasional maka akses jalan di sisi selatan dari Flores Barat akan perbaiki. Jalan ini juga untuk menjawab bahwa Labuan Bajo sudah ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata (KSP)," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/02/115024927/wisata-flores-9-pantai-tersembunyi-di-pesisir-selatan-manggarai-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke