Salin Artikel

Tips Foto "Low Light" dengan Kamera "Smartphone"

Sebab, kini menangkap gambar lewat kamera smartphone pun bisa mendapatkan hasil mumpuni, laiknya profesional.

Nah, salah satu tren yang tengah berkembang di masyarakat adalah tren low-light fotografi atau fotografi minim cahaya.

Sayangnya, tak semua orang bisa melakukan low-light fotografi karena memerlukan teknik berbeda dan cukup sulit dibandingkan yang lain.

Namun, jangan khawatir, bagi kamu para pemula dan baru mau belajar mengenai low-light fotografi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Kompas.com merangkum tips dari Rahmad Azhar, fotografer National Geographic Indonesia yang juga menjadi juri di kompetisi Wondernight Indonesia Vivo V17 Pro.

1. Spesifikasi smartphone

Penting untuk mengetahui spesifikasi apa yang dimiliki oleh kamera ponsel.

Dengan begitu, maka akan mudah menentukan apakah ponsel kamu mampu menghasilkan gambar yang bagus jika digunakan dalam kondisi minim cahaya.

"Spesifikasi gadget yang paling minimum, kalau sekarang mungkin yang paling minimum 12 megapiksel ya. Semuanya sudah minimal 12 megapiksel dan itu sangat cukup," kata dia.

2. Peka terhadap cahaya yang tersedia

Walaupun bertajuk low-light, tapi cahaya tetap menjadi elemen penting yang menentukan bagus atau tidaknya foto yang akan dihasilkan.

Kamu harus memperhatikan sumber cahaya yang tersedia dan yang akan digunakan nantinya.

"Kita harus peka terhadap available light di situ atau kita akan membawa cahaya tambahan (lampu)," jelas Azhar.

Fotografer harus mampu menentukan apakah obyek yang ingin diambil sudah terlihat baik dan memiliki cahaya yang cukup sehingga hasilnya nanti bisa maksimal.

"Tapi mau gadget-nya apa pun itu, kita harus bisa menghafalkan medan yang mau difoto. Misalnya low-light, tapi benar-benar gelap yang enggak dapat apa-apa," ujar dia.

4. Cari golden moment

Banyak fotografer menyebut soal golden moment, atau saat-saat keemasan yang menjadi waktu paling tepat untuk seseorang mengambil foto low-light.

Saat golden moment, banyak kilatan cahaya dengan warna dan siluet yang sangat menarik untuk diambil.

"Kan banyak fotografer bilang, golden moment dan golden light. Nah, itu sekitar pukul 18.00 atau sebelum matahari terbit, itu masih low-light dan sangat cantik difoto," ucapnya.

5. Kamera harus stabil

Tips terakhir jadi salah satu yang paling penting. Dalam mengambil foto dengan kondisi minim cahaya, kestabilan kamera jadi salah satu yang utama.

Oleh karena itu, Azhar menyarankan penggunaan tripod dan penyangga sejenis.

"Selain tripod, kita juga perlu melatih tangan, jadi biar enggak tremor. Harus steady. Tipsnya kita mencari tembok atau tiang atau apa, tangannya bisa kita pepet atau nyender," jelas Azhar.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/12/123000027/tips-foto-low-light-dengan-kamera-smartphone

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.