Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hadir Bandara Baru, Pengguna Bus AKAP Semarang Justru Meningkat

SEMARANG, KOMPAS.COM – Bandara Ahmad Yani Semarang yang beroperasi secara resmi sejak Juni 2018 lalu ternyata tidak membuat pejalan ke Semarang yang menggunakan moda transportasi bus berkurang.

Menurut Kurnia Lesani Adnan yang merupakan presiden direktur Perusahaan Otobus SAN Putra Sejahtera atau PO SAN, jumlah penumpang bus yang keluar masuk Semarang sejauh ini masih tak terlalu banyak berubah.

“Permintaan tidak selalu besar tetapi selalu ada. Peningkatan penumpang malah cukup tinggi, mungkin sekitar 15-20 persen,” ujar Kurnia Lesani Adnan yang ditemui Kompas.com saat sesi road trip media dengan bus eksekutif premium dari Ungaran ke Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Hal tersebut, menurutnya terjadi karena beberapa hal. Walaupun Bandara Ahmad Yani yang baru terhitung sangat bagus dan nyaman, tetapi jarak bandara yang cukup jauh dari pusat kota membuat beberapa konsumen lebih memilih bus.

“Kalau pakai bus gampang. Mereka bisa naik dari pool yang jaraknya lebih dekat dengan rumah mereka. Turun pun begitu, biasanya penumpang ke Semarang itu turun di gerbang tol Krapyak itu. Lebih dekat ke tempat tujuan mereka,” jelas Kurnia yang juga merupakan Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI).

Tak hanya itu saja, tiket pesawat domestik yang relatif mahal juga menjadi alasan banyak penumpang tetap setia dengan bus.

Perbandingan harga tiket bus dan tiket pesawat ke Semarang terbilang jauh berbeda.

“Saya monitor, tiket mereka tidak murah. Apalagi yang jarak dekat. Di situ saya lihat, kita harus main di jam tempuh. Jadi kalau ongkos kita tidak relatif mahal tapi kalau jam tempuh kita cepat, kita bisa menaikkan (persentase penumpang).”

Kurnia optimis, moda transportasi darat khususnya bus masih tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Apalagi ia melihat bahwa pemerintah sudah berdedikasi dalam memperbaiki infrastruktur. Terutama dengan kehadiran Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera yang semakin memudahkan perjalanan dengan bus. 

https://travel.kompas.com/read/2019/11/18/070000827/hadir-bandara-baru-pengguna-bus-akap-semarang-justru-meningkat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke