Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Gado-gado, Makanan Indonesia yang Sering Viral di Medsos

JAKARTA, KOMPAS.COM – Unggahan di media sosial mengenai gado-gado yang ditata cantik sempat membuat kehebohan di kalangan netizen Indonesia. Gado-gado memang salah satu makanan Indonesia yang disukai banyak orang.

Hal yang menarik, gado-gado terbilang sebagai makanan Indonesia yang sering viral di media sosial. Kompas.com merangkum, lima fakta seputar gado-gado yang sering disebut Indonesia salad ini: 

1. Jadi makanan nasional

Kementerian Pariwisata (dulu) menetapkan gado-gado sebagai salah satu dari lima makanan nasional Indonesia sejak 2018. Hasil ini ditetapkan berdasarkan Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner di Indonesia.

Lima makanan lain selain gado-gado adalah soto, nasi goreng, rendang, dan sate. Limamakanan ini ditetapkan sebagai makanan nasional karena dianggap merepresentasikan kuliner Indonesia yang bisa diperkenalkan ke mancanegara.

2. Sempat dibuat koki internasional pakai selai kacang

Pada Februari 2018 lalu, koki selebritis dunia Jamie Oliver sempat viral karena membuat gado-gado dengan resep versi dirinya. Dalam unggahan video yang ia bagikan di akun Twitternya tersebut, Jamie mempraktikan proses dirinya membuat gado-gado.

Sayuran tersebut pun tidak direbus lebih dahulu. Tak hanya itu saja, Jamie juga membuat sausnya menggunakan selai kacang. Selai kacang ini ia campur dengan gula palem, bawang putih, dan perasan air jeruk.

Gado-gado buatan Jamie viral di kalangan netizen Indonesia dan menimbulkan pro serta kontra. 

Gado-gado dengan harga Rp 212.000...


 

3. Gado-gado dengan harga Rp 212.000

Pada Oktober 2019 lalu, akun @okintph sempat mengunggah sebuah gambar di Instagramnya berupa daftar menu sebuah restoran yang menyajikan beragam makanan khas Indonesia.

Namun yang jadi perhatian netizen adalah harga dari tiap makanan yang ada dalam menu tersebut.

4. Tidak Hanya dari Betawi Saja

Gado-gado biasanya identik sebagai makanan khas Betawi. Namun ternyata, gado-gado sebenarnya punya versi berbeda dari beberapa daerah di Indonesia.

Semua jenis gado-gado tersebut pada dasarnya sama saja, berupa makanan dengan sayuran rebus yang dicampur saus kacang. Perbedaannya ada pada beberapa bahan tambahan yang berbeda dalam setiap versi.

Beberapa gado-gado yang berasal dari daerah di Indonesia di antaranya adalah gado-gado padang, gado-gado sidoarjo, gado-gado surabaya, dan yang paling mudah ditemui di Jakarta adalah gado-gado betawi.

Ada sup gado-gado di Belanda...


 

5. Di Belanda jadi Sup

Gado-gado memang sudah go internasional. Banyak chef dan restoran di dunia yang sudah mengenal gado-gado. Beberapa bahkan sempat mencoba resep gado-gado dan membuat dengan versi mereka sendiri.

Salah satu yang unik adalah olahan gado-gado di Belanda. Akun Instagram @sadfood mengunggah testimoni seorang mahasiswi Indonesia yang berkuliah di Belanda. Saat sedang mengambil makanan di meja, ia menemukan menu unik.

Gado-gado tersebut juga disajikan tidak memakai sayur apapun seperti selayaknya gado-gado Indonesia.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/21/070000527/5-fakta-gado-gado-makanan-indonesia-yang-sering-viral-di-medsos

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke