Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Wisata Belitung 2 Hari 1 Malam, Rekomendasi Tempat dan Biaya

Sebelum ke Belitung, pastikan kamu sudah mencari tahu informasi dan lokasi apa saja yang ingin kamu kunjungi di sana. Pastikan pula kamu sudah mempersiapkan transportasi, kamar hotel, uang saku dan lokasi wisata. 

Berikut ini adalah rekomendasi jadwal perjalanan atau itinerary Belitung selama dua hari satu malam:

Hari pertama

Berkunjung ke Danau Kaolin

Kompas.com berkesempatan mengunjungi Belitung untuk memenuhi undangan 'Kafe BCA on the road', pada Sabtu (9/11/2019) hingga Minggu (10/11/2019). Kami berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten pukul 08.50 WIB dan tiba di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung pukul 09.52 WIB.

Sampai di Belitung, lokasi wisata pertama yang bisa dituju adalah Danau Kaolin yang berada di Desa Air Raya, Tanjung Pandang, Belitung. Untuk alat transportasi, kamu bisa menggunakan bus DAMRI dari bandara.

Tak usah khawatir biaya, karena sejak Belitung populer jadi kota wisata, bus ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Danau Kaolin merupakan tempat wisata yang mirip dengan kawah Ciwidey Bandung. Meski begitu, tempat ini bukan danau yang merupakan kawah asli seperti di Ciwidey, melainkan danau bekas proyek tambang.

Danau ini berwarna biru muda, dan dapat berubah warna seiring berubahnya cuaca. Menurut pemandu wisata, Eksa, jika cuaca cerah, maka air akan berwarna biru muda. Namun jika sebaliknya cuaca mendung, warna air akan berubah hijau.

Warna biru muda nan cantik itu tercipta karena debit air hujan yang bercampuir dengan kaolin.

Jangan lupa siapkan alat dokumentasi untuk berfoto di sekitar Danau Kaolin karena pemandangannya yang indah dilihat mata.

Bila kamu tertarik, kamu bisa membeli batu satam yang dijual di sekitaran danau dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000. Batu satam adalah batu meteor yang pecah dan jatuh ke tambang timah dan dipercaya bagus untuk terapi kesehatan.

Makan siang di Dapoer Belitung

Dari Danau Kaolin, kamu bisa beristirahat sejenak dan mengisi perut dengan makan siang di Dapoer Belitung. Restoran yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 63, Belitung ini menyajikan beragam menu masakan.

Kompas.com tiba di restoran ini pukul 11.08 WIB.

Pilihan utama dari Restoran Dapoer Belitung adalah hidangan seafood mulai dari ikan goreng terbang, ikan bakar hingga kepiting. Restoran ini juga menyajikan makanan lainnya yang bukan seafood seperi ayam goreng kremes.

Namun akan lebih nikmat apabila kamu datang pada malam hari karena setiap Malam Minggu dan Minggu, pihak restoran menghadirkan live music. Datang lebih awal jika ingin makan di restoran ini karena pada malam hari akan selalu ramai pengunjung.

Main di Pantai Tanjung Tinggi

Puas menikmati santap siang, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Kompas.com tiba di pantai ini pukul 13.06 WIB.

Pantai ini berada di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya sekitar 37 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan.

Pantai yang memakan waktu 45-60 menit dari bandara HAS Hanandjoeddin ini dikenal sebagai lokasi syuting dari film Laskar Pelangi tahun 2008.

Pantai Tanjung Tinggi identik dengan batu granit besar di sekelilingnya. Nama Tanjung Tinggi sendiri berasal dari dua kata yaitu tanjung berarti semenanjung, dan tinggi berarti pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.

Meski tak dikelola pemerintah daerah, pantai ini tetap memiliki fasilitas pendukung bagi para pengunjung yang ingin menikmati pantai, seperti sewa perahu karet, ban pelampung, warung makan, dan toilet.

Kamu bisa berfoto ala-ala pemeran film Laskar Pelangi dengan adegan berenang di pantai yang dikelilingi batu granit, atau sekadar berlari di antara kokohnya batu granit Pantai Tanjung Tinggi.

Kamu hanya perlu membayar biaya parkir jika berkunjung ke pantai ini. Belum ada tiket masuk pantai yang resmi, semua masih dikelola oleh warga sekitar.

Lihat pemandangan bukit di Bukit Peramun

Usai berfoto-foto dan menikmati alam pantai Tanjung Tinggi, kamu bisa menuju ke Bukit Peramun atau desa yang dikenal dengan Desa Wisata Digital Bukit Peramun. Kompas.com tiba di tempat ini pukul 14.47 WIB.

Meskipun identik dengan wilayah yang dikelilingi lautan, Belitung juga punya hutan yang masih asri. Salah satu hutan tersebut yang juga jadi destinasi wisata di Pulau Belitung adalah Bukit Peramun.

Bukit ini memiliki keunikan akan ragam jenis tanaman. Beragam tanaman yang ada ini kemudian diramu oleh warga sekitar dan dijadikan obat-obatan.

Selain beragam jenis tanamannya, keunikan juga ada pada konsep digital yang dibangun pengelola. Konsep digital yang dimaksud yaitu karena keberhasilan pengurus desa dalam mengaplikasikan sistem QR Code.

Kamu bisa mengenal jenis dan manfaat tanaman di Bukit Peramun yang juga ada panduan virtual guide dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris).

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di beberapa spot foto asik di sini, seperti rumah hobbit, jembatan merah, batu kembar, dan mobil terbang.

Jika sampai malam hari, kamu dapat menikmati paket wisata melihat Tarsius, hewan primata langka yang ada di Belitung. Harga paket wisata ini juga menyesuaikan dengan kondisi hewan tersebut, namun biasanya dipatok seharga Rp 100.000 per kelompok.

Kamu ingin mengintai Tarsius? Kamu sebaiknya memperhatikan hal-hal ini yaitu tidak menggunakan lampu kilat (blitz) karena akan membuat Tarsius kaget, dan hanya diperbolehkan melihat sekitar 10 menit karena jika terlalu lama mata Tarsius bisa berair.

Selain itu, kamu juga tidak boleh berisik karena juga akan mengagetkan Tarsius. Kami pun berusaha untuk tidak menimbulkan suara ketika Tarsius tengah bertengger di batang pohon.

Usai mengamati Tarsius, kami menuju ke tempat penginapan yaitu Hotel BW Suite Belitung yang berada di Jalan Pattimura Tanjung Pandan, Belitung.

Untuk menginap per malamnya, hotel ini mematok harga mulai dari Rp 742.000.


Hari kedua

Hoping islands dimulai dari Pulau Lengkuas

Untuk hari kedua, kamu bisa mengawali hari di Belitung dengan menyebrang ke Pulau Lengkuas. Pulau ini dikenal unik dan identik karena memiliki mercusuar bersejarah.

Kompas.com mengunjungi Pulau ini diawali dari Dermaga pantai Tanjung Kelayang pukul 08.33 WIB.

Saat menginjakkan kaki di pulau sebelah timur Pulau Belitung ini, kamu akan melihat sebuah mercusuar kira-kira berukuran 50 meter berdiri kokoh.

Mercusuar itu sudah ada sejak tahun 1882 dan sarat akan sejarah.

Menurut pemandu wisata, Eksa, mercusuar yang dibangun pada era kolonial Belanda ini memiliki 18 lantai. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan menaiki mercusuar sejak tahun 2017.

Pantauan Kompas.com, pasir putih di sepanjang garis pantai masih terlihat, dan air laut biru yang memukau mata mampu menambah kesan eksotis yang ada di pulau ini. Tak lupa, kamu dapat melihat batu-batu granit yang berukuran lebih besar dari rumah berjejeran di tepi pantai.

Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang terhitung lengkap di Pulau Lengkuas ini seperti hotel dengan harga murah, warung makan hingga toilet umum.

Jika kamu ke Pulau Lengkuas, spot yang tak boleh dilewatkan adalah memancing dan snorkeling.

Untuk menuju ke Pulau Lengkuas, kamu bisa sewa kapal dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang dengan kisaran harga Rp 350.000 hingga Rp 500.000. Perjalanan ke pulau ini memakan waktu sekitar 30 menit.

Setelah puas menikmati pemandangan, melihat mercusuar, dan batu granit raksasa di Pulau Lengkuas, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Kelayang.

Perjalanan ke Pulau Kelayang

Kompas.com tiba di Pulau Kelayang pukul 10.07 WIB. Salah satu keindahan alam yang ada di pulau ini adalah gugusan batu-batu besar yang teratur, lalu membentuk layaknya gua. Ini yang disebut dengan Gua Kelayang.

Kamu bisa menemukan gua Kelayang apabila mengeksplor lebih dalam pulau. Gua ini terbentuk dari susunan batu granit nan eksotik.

Gua Kelayang adalah hasil bentukan dari tumpukan batu granit yang menciptakan sejenis ruang tertutup mirip gua. Karena batu yang tertutup kurang rapat, maka cahaya matahari tetap bisa kamu lihat masuk ke dalam gua.

Kamu juga bisa berenang di gua ini karena ada air laut biru nan jernih yang masuk. Hati-hati jika ingin masuk ke dalam gua karena licinnya batu-batu yang ada dapat membuatmu terjatuh.

Pulau Kelayang merupakan pulau yang sepi dan tak berpenghuni, maka dari itu ada baiknya jika kamu membawa segala perlengkapan dan persediaan makan dan minuman.

Tertarik mengunjungi pulau ini? Kamu bisa langsung menyewa kapal atau perahu boat dari Pantai Tanjung Kelayang dan akan memakan waktu sekitar 20 menit dari Pulau Lengkuas, dan 10 menit dari Pantai Tanjung Kelayang.

Nikmatnya kepiting, sup kepiting, ikan asam manis, semuanya tersaji di restoran ini. Makanan favoritnya adalah kepiting asap. Tampak pada saat Kompas.com berkunjung ke sana, restoran sangat ramai oleh pengunjung.

Selain menu seafood, ada juga makanan ayam dan daging yang tersedia.

Belanja oleh-oleh dan menuju bandara

Usai menyantap makan siang, sebelum pulang kamu bisa berbelanja oleh-oleh di Toko Klapa Belitung yang berlokasi di Jalan Air Saga Nomor 89 Air Saga, Tanjung Pandan, Belitung.

Toko ini menyediakan beragam jenis oleh-oleh khas Belitung mulai dari kemplang, plecu atau pletek cumi-cumi, hingga kopi Kong Djie yang tersedia di samping gedung toko oleh-oleh.

Untuk jam operasionalnya, toko ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 21.30 WIB. Wisata di Belitung pun usai dan saatnya kamu kembali ke daerah masing-masing.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/23/140000327/itinerary-wisata-belitung-2-hari-1-malam-rekomendasi-tempat-dan-biaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke