Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Wisata ke Pasar Lama Tangerang, Yuk Simak

TANGERANG, KOMPAS.COM – Pasar Lama Tangerang memang seakan jadi pusat kuliner dan budaya kota Tangerang. Tak hanya pasar biasa tempat jual beli, tapi juga ada berbagai wisata sejarah Cina Peranakan Tangerang dan wisata kuliner yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Letaknya di Kota Tangerang yang tak terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta membuat banyak orang mulai melirik Pasar Lama Tangerang sebagai tempat wisata khususnya di akhir pekan.

Bagi kamu yang berminat mengunjungi Pasar Lama, berikut beberapa tips dari Kompas.com agar kunjungan tetap nyaman:

1. Datang pagi untuk sarapan

Tidak hanya beroperasi sebagai pasar kebutuhan pokok saja, Pasar Lama di pagi hari juga dipenuhi beragam penjual makanan yang cocok dijadikan sarapan.

Di Pasar Lama kamu bisa menemukan beragam jenis makanan seperti lontong sayur, ketoprak, laksa, soto mie Bogor, bubur ayam selada, hingga bakmi yang bisa jadi pilihan.

Jika kamu ingin berburu sarapan, usahakan datang sekitar pukul 07.00 – 11.00 WIB. Pasalnya banyak makanan yang cepat habis sebelum siang hari.

2. Wisata kuliner di malam hari

Pasar Lama Tangerang paling terkenal dengan wisata kuliner malamnya. Setiap malam, para pedagang jajanan memenuhi tepian jalan Pasar Lama. Mulai dari jajanan seperti telur gulung, pentol, seblak, surabi, hingga makanan berat macam sate, martabak India, hingga bubur dan bakmi.

Kamu bisa mulai datang pukul 17.00 untuk menghindari kemacetan dan juga antrian pedagang makanan yang kadang bisa panjang mengular. Kuliner malam hari bisa berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.

3. Datang di akhir pekan

Sebaiknya kamu datang di akhir pekan khususnya hari Sabtu karena pengelola Pasar Lama bersama pemerintah Kota Tangerang sengaja menutup Jalan Kisamaun di depan Pasar Lama untuk dijadikan malam khusus kuliner.

Di Sabtu malam juga terkadang diadakan pagelaran musik. Suasana di akhir pekan juga lebih semarak dibanding malam lainnya.

4. Pakai pakaian nyaman

Jika kamu memutuskan untuk berwisata seharian penuh di Pasar Lama, maka sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman. Kaus dan celana yang longgar bisa sangat mengurangi panasnya cuaca. Jangan lupa juga pakai topi dan kaca mata hitam. Payung juga sebaiknya dibawa untuk berjaga jika hujan.

Tak hanya itu, alas kaki juga penting. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai berjalan jauh. Selain itu kondisi pasar yang kotor juga pasti akan membuat alas kaki mudah kotor, maka pilih alas kaki yang berwarna gelap agar tak terlalu sulit membersihkannya nanti.

5. Bawa kamera

Jalan-jalan ke lokasi penuh sejarah seperti Pasar Lama pasti tak lengkap jika tidak mengambil gambar untuk kenang-kenangan. Maka dari itu kamera tidak boleh dilupakan. Banyak objek foto yang bisa kamu dapatkan di sini.

Mulai dari para pedagang makanan legendaris, toko-toko tua, dan beberapa situs yang sarat sejarah seperti Klenteng Boen Tek Bio, Museum Benteng Heritage, dan Masjid Jami Kalipasir. Usahakan bawa kamera yang mudah digenggam dan tidak terlalu besar.

6. Wisata sejarah

Pasar Lama adalah pusat kebudayaan kota Tangerang khususnya kaum Cina Peranakan. Maka dari itu terdapat banyak peninggalan sejarah yang bisa kamu temukan di kawasan ini.

Kamu bisa mengunjungi Museum Benteng Heritage yang menyimpan berbagai koleksi soal sejarah kaum Cina Benteng di Tangerang.

Tak hanya itu, ada juga Klenteng Boen Tek Bio yang jadi klenteng tertua di Tangerang, dan Masjid Jami Kalipasir yang jadi simbol kerukunan antar umat Muslim dan kaum Cina Benteng.

7. Berburu oleh-oleh

Terkenal sebagai daerah pecinan di Tangerang, tentu saja kuliner khas Pecinan tidak boleh dilewatkan. Kamu bisa berburu kue keranjang, dodol khas benteng, dan kecap benteng dan SH khas Tangerang di sini.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/25/133000827/7-tips-wisata-ke-pasar-lama-tangerang-yuk-simak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke