Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Nah, kini kamu tak perlu khawatir tidak bisa membatalkan perjalanan kereta apimu. Sebab, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pembatalan tiket bisa dilakukan dengan dua cara: datang ke stasiun langsung atau melalui aplikasi KAI Access.

"Nah ini bisa menghubungi customer service, nanti prosesnya akan bisa langsung di-refund, biasanya akan didata dulu. Proses pengembalian uangnya itu sekitar satu bulan setelah proses administrasi selesai," kata Eva kepada Kompas.com, Rabu (20/11/2019).

Sekadar informasi, pembatalan tiket dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA.

Kemudian, pemohon pembatalan tiket harus pemilik tiket yang bersangkutan dan dapat menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai dengan data yang tercantum pada tiket serta menyerahkan fotokopiannya (untuk offline).

Pembatalan tiket dan perubahan jadwal dikenakan biaya sebesar 25 persen dari harga tiket di luar biaya pesan.

Berikut cara membatalkan tiket kereta api yang telah Kompas.com rangkum:

Cara pertama adalah melalui offline dengan cara mendatangi loket pembatalan tiket.

Kamu akan mengisi sebuah formulir berisi nama, alamat, nomor telepon, nomor kode booking, dan biaya pengembalian tiket melalui dua cara, yaitu transfer bank atau tunai.

2. Serahkan formulir pembatalan ke loket

Setelah mengisi formulir tersebut, kamu langsung masuk ke ruangan loket pembatalan dan informasikan pembatalan tiket kepada customer service yang bertugas.

Kemudian kamu akan dilayani dan langsung didata administrasinya.

3. Refund tiket

Pengambilan biaya tiket dilakukan di stasiun yang ditunjuk dengan membawa formulir pembatalan yang telah divalidasi dengan tetap menunjukkan identitas asli.

Biaya refund akan ditransfer setelah hari ke-30. Namun, jika formulir pembatalan hilang, maka wajib membawa surat kehilangan dari kepolisian.

Pembatalan tiket kereta api di KAI Access

1.Masuk ke KAI Access

Kamu juga bisa melakukan pembatalan tiket hanya dengan menggunakan telepon genggammu. Pertama, kamu harus memiliki aplikasi KAI Access.

Jika belum memiliki, bisa mengunduh di Google Play atau App Store. Setelah itu masuk ke akun KAI Access kamu.

2. Masuk ke menu My Trips

Setelah masuk, pilih menu My Trips. Pada menu ini, pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.

Tiket yang dibeli melalui channel eksternal, seperti Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Kantor Pos, Tiket.com, dan lainnya juga bisa dilakukan pembatalan lewat KAI Access.

3. Masuk menu E-Ticket

Masuk ke menu E-Ticket, dan klik Pembatalan. Tombol ini hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api. Kemudian baca halaman syarat dan ketentuan, dan centang untuk setuju.

Kamu bisa lanjutkan proses pembatalan tiket dengan memasukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund), kemudian lanjutkan.

5. Konformasi pembatalan tiket

Kelima, kamu bisa mengkonfirmasi pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang kamu pilih pada tahap sebelumnya.

Selanjutnya, klik tombol 'Konfirmasi dan Lanjutkan' pada halaman konfirmasi pembatalan. Lalu pastikan kamu 'yakin' akan melakukan pembatalan tiket.

Setelah melalui proses tadi, maka proses pembatalan tiketmu telah berhasil.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/26/220000427/cara-membatalkan-tiket-kereta-api

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke