Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Tanjung Pinang, Uniknya Vihara 1.000 Patung yang Dipahat Langsung dari China

Di bagian depan kompleks, pengunjung akan disambut dengan patung Budha setinggi kurang lebih lima meter. Di belakangnya terdapat benteng yang mirip dengan tembok China. Namun daya tarik utama vihara yang berlokasi di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ini tak terletak di sana.

Pengunjung harus berjalan ke arah kiri patung, mengitari jalan yang di sepanjang dinding dan pagar sebelah kirinya memiliki banyak pahatan yang menggambarkan sejarah Budha. Pahatan tersebut terus berderet di sepanjang pagar hingga ke halaman belakang vihara, tepat di balik benteng.

Di sana ratusan patung Budha berderet rapi membentuk barisan mirip penonton di sebuah stadion mini. Jika dilihat sekilas, mungkin pengunjung tak akan mampu membedakan satu patung dengan yang lain.

Namun ketika diperhatikan, patung-patung tersebut ternyata memiliki wajah yang berbeda satu sama lain.

“Jadi patung-patung Budha ini punya ekspresi yang berbeda satu sama lain. Konon katanya, ini adalah seluruh ekspresi Budha ketika dalam wujud manusia,” jelas Raja Farul, pemandu wisata kami.

Terletak di Jalan Asia Afrika KM.14, vihara ini mulai dibangun sejak tahun 2004 lalu. Akhirnya setelah pembangunan selama 12 tahun, pada 2016 lalu vihara ini mulai dibuka untuk umum.

Patung-patung ini merupakan sumbangan dari para jamaat. Satu orang bisa menyumbang uang untuk satu patung. Maka dari itu di bagian bawah patung, terdapat batu berbentuk persegi yang dipahat dengan aksara China bertuliskan nama orang yang menyumbang uang untuk patung tersebut.

“Konon katanya patung-patung ini dipahat oleh gadis yang belum menikah. Dipahatnya di China sana, lalu dikirim ke sini. Dibuat dari batu granit muda,” ujar Farul.

Setelah puas melihat keindahan ratusan patung Buddha, dalam perjalanan keluar pengunjung akan melewati sebuah terowongan yang ada di bawah benteng.

Terowongan tersebut bisa jadi spot foto yang menarik dengan latar belakang jajaran patung dan keindahan Bukit Lengkuas.

Sedikit tips, untuk bisa menikmati keindahan dan suasana yang maksimal dari Vihara 1000 patung ini, sebaiknya kamu bisa datang di hari perayaan Imlek. Pasalnya, bukan hanya Vihara ini akan ramai pengunjung tapi juga banyak jamaat yang melakukan ibadah dan ziarah.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke vihara ini, bisa berkunjung di hari Selasa-Minggu mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar Rp5.000 saja untui turis lokal, dan Rp30.000 untuk wisatawan mancanegara.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/27/181200727/wisata-tanjung-pinang-uniknya-vihara-1000-patung-yang-dipahat-langsung-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke