Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun Kereta

Cara mencetak tiket kereta api secara mandiri ternyata tidak sulit. Kamu hanya perlu ke tempat check in counter yang ada di stasiun.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, setelah menuju check in counter, penumpang akan mendapat arahan melalui mesin pencetak untuk melakukan proses berikutnya.

"Sebenarnya tinggal menuju mesin check-in counter di stasiun, nanti di sana ada arahan untuk memasukkan seperti kode booking," kata Eva ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (26/11/2019).

Lanjut Eva, cara-cara mencetak pun terbilang mudah. Layar monitor akan memberikan penumpang kereta api panduan apa saja data yang perlu dimasukkan untuk mencetak tiket.

"Sementara untuk step-step-nya sangat mudah dilakukan pada saat berada di check in counter. Nanti monitor mengarahkan masyarakat untuk memasukkan kode booking, dan tiket langsung tercetak," tambahnya.

1. Perhatikan bahwa stasiun KA Jarak Jauh punya fasilitas check in counter

Cara pertama, perhatikan dan pastikan bahwa stasiun KA Jarak Jauh yang keberangkatan kamu memiliki fasilitas check-in counter.

"Proses ini dapat dilakukan mulai H-7 sebelum keberangkatan," kata Eva.

2. Cetak tiket pada hari H keberangkatan hanya bisa di stasiun keberangkatan

Masyarakat yang baru akan melakukan proses cetak boarding pass pada hari keberangkatan maka proses cetak hanya dapat dilakukan di stasiun keberangkatan.

"Namun bisa juga di stasiun antara sesuai relasi tiket," tambah Eva

Ketika kamu sudah menyelesaikan proses pembelian tiket, langkah selanjutnya adalah mencetaknya. Kamu bisa bawa struk berisi kode booking atau bukti transaksi pembelian tiket.

Kemudian, lakukan check-in dengan cara mengetikkan kode booking yang tertera pada bukti pembelian tiket di mesin.

Mesin akan mengeluarkan boarding passmu yang mencetak nama dan ID penumpang, kode booking, nama KA, stasiun tujuan, dan jadwal keberangkatan.

Mencetak boarding pass kereta api tidak harus dengan mengetikkan kode booking di monitor. Kamu bisa menscan bukti pembelian tiket dan boarding passmu akan keluar dari mesin pencetak.

Cara ini lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu lama dibanding kamu mengetikkan kode booking.

https://travel.kompas.com/read/2019/11/28/182000327/cara-cetak-tiket-kereta-api-di-stasiun-kereta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke