Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Campur Mi dengan Kaldu! Ini Cara Makan Bakmi yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada tata cara khusus untuk menikmati bakmi. Seorang food blogger spesialis bakmi, Tirta Lie menjelaskan cara yang benar menikmati bakmi.

Tirta Lie sendiri dianggap sudah pernah mencoba lebih dari 1.000 bakmi di kawasan Jabodetabek.

Ia menuturkan saat makan bakmi, maka yang diutamakan adalah mi. Jadi mi adalah komponen yang harus pertama dicoba.

1. Mencoba mi terlebih dahulu

"Bukan topping-nya, bukan daging-dagingnya. Yang namanya kita makan bakmi ya harus mi dulu yang dimakan agar bisa tahu rasa mi yang asli," paparnya saat ditemui Kompas.com di BayWalk Pluit, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Di mata penikmat bakmi, biasanya akan tergoda untuk menyantap aneka topping. Topping memiliki cita rasa yang lebih kuat dibanding dengan mienya.

Rasa kuat dari topping akan tertinggal di lidah cukup lama dan menutupi rasa asli mi itu sendiri.

Tirta Lie menuturkan salah satu yang harus diperhatikan kala menikmati bakmi adalah tekstur mi. Penjual bakmi sangat peduli dengan kualitas mi miliknya.

Semuanya diperhatikan mulai dari langkah membuat adonan, memotong mi, hingga merebus. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan mi dengan tekstur yang pas.

2. Jangan mencampur mi dengan kuah kaldu

"Kalau sudah makan mi, baru kita makan yang lainnya karena kalau kita makan daging-daging, rasanya akan lebih kuat dari minya, termasuk kaldu. Kaldu rasanya juga sangat kuat," jelas Tirta

Kaldu cenderung memiliki rasa yang asin. Lidah akan "terkontaminasi" oleh rasa-rasa yang kuat. Sama dengan topping, kaldu memiliki rasa kuat yang akan mendominasi lidah.

Jadi sebaiknya, jangan mencampur mi dengan kaldu karena rasa mi akan semakin tertutup.

3. Aduk mi sampai rata

Selanjutnya sebelum menyantap mie, penikmat disarankan untuk mengaduk bumbu dan  mi hingga merata.

Terkadang penjual mi sengaja membiarkan bumbu seperti lada, minyak, dan kecap asin mengendap di bawah.

Mengaduk bakmi jangan terburu-buru, pastikan seluruh bumbu seperti minyak, lada, dan kecap asin sudah tercampur dengan mi.

Tidak jarang para penjual juga telah mengaduk mi. Namun alangkah baiknya penikmat bakmi memastikan lagi dengan cara mengaduk ulang.

"Jadi biasanya bumbu masih di bawah. Jadi, aduk biar semua bumbu tercampur menjadi satu," paparnya

4. Jangan campurkan saus sebelum mencicipi mi

Tirta Lie menyarankan untuk tidak langsung mencampurkan sambal, saus tomat, maupun kecap manis, saat bakmi baru dihidangkan. Mi akan tercampur dengan rasa lain yang lebih menonjol dari saus, sambal, atau kecap.

"Nikmati dulu perlahan mi tanpa bumbu-bumbu tambahan yang berada di meja pelanggan. Agar pertama-tama bisa mengenal dan menikmati rasa asli dari mienya," jelasnya

Tambahkan saus, sambal, kecap manis ketika sudah mencicipi mi. Terkadang dengan menambahkan penyedap lainnya, rasa bakmi akan semakin nikmat dan bisa disesuaikan dengan lidah penikmatnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/01/110100927/jangan-campur-mi-dengan-kaldu-ini-cara-makan-bakmi-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke