Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tempat Wisata Bersejarah di Pasar Lama Tangerang

TANGERANG, KOMPAS.COM - Jika mendengar Pasar Lama Tangerang, satu hal yang pasti teringat adalah wisata kulinernya yang melimpah. Namun ternyata, kawasan pecinan di Kota Tangerang ini juga memiliki beberapa tempat wisata bersejarah yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke sana. 

Berikut ini tiga tempat wisata bersejarah di Pasar Lama Tangerang yang menarik dikunjungi: 

1. Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio adalah klenteng tertua di Kota Tangerang. Catatan sejarah menunjukkan klenteng ini sudah berdiri sejak 1684.

Klenteng Boen Tek Bio terletak di tengah kawasan Pasar Lama dan hingga kini masih aktif dipergunakan sebagai pusat peribadatan umat Konghucu di Tangerang.

Klenteng Boen Tek Bio sehari-harinya cukup ramai dipenuhi umat yang datang untuk beribadah.

Jika kamu ingin merasakan suasana meriah di klenteng, datanglah saat Imlek. Pasalnya, perayaan Imlek di Pasar Lama berpusat di Klenteng Boen Tek Bio. 

Museum Benteng Heritage merupakan museum peranakan Cina Benteng satu-satunya di Indonesia. Museum ini berdiri pada 2011 lalu, menempati sebuah rumah tua yang dibangun sejak abad ke 17.

Di dalam museum, kamu bisa menemukan beragam koleksi yang menggambarkan sejarah Cina Benteng di Tangerang.

Koleksi-koleksi ini berasal dari koleksi pribadi sang pemilik museum, Udaya Halim. Ada juga yang merupakan sumbangan dari para kolektor dan pemerhati budaya Cina Benteng.

Untuk bisa melihat beragam koleksi bersejarah yang ada di dalamnya, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000. Museum ini buka Selasa - Minggu mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB.

Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Kota Tangerang. Konon masjid ini telah ada sejak abad ke-16. Masjid Jami Kalipasir yang berada di bantaran Sungai Cisadane dan di sisi kawasan padat penduduk Kalipasir memang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Masjid ini juga menggambarkan kerukunan antar umat beragama yang ada di kawasan Pasar Lama. Pasalnya, masjid ini memiliki menara yang menyerupai pagoda yang biasa ditemukan di vihara.

Di halaman depan masjid pengunjung juga dapat melihat makam para tokoh yang berpengaruh pada masjid. 

https://travel.kompas.com/read/2019/12/04/120100627/3-tempat-wisata-bersejarah-di-pasar-lama-tangerang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke