Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin di Tanjung Pinang

Festival akan dilaksanakan di Laman Boenda (Aula Gonggong), Tanjung Pinang, mulai pukul 10.00–14.00 WIB.

Festival ini diadakan bertepatan dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin yang akan bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia.

"(Pemilihan) Gonggong karena lokasinya strategis untuk pengamatan. Bosscha juga akan ada teropong pengamatannya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjung Pinang Suryadi kala ditemui Kompas.com pada Senin (25/11/2019).

Acara gratis ini menyediakan beragam aktivitas, mulai dari pengamatan gerhana matahari, bazar suvenir dan makanan, workshop, hingga seni budaya Randai.

Selain di Gedung Gonggong, rencananya pengamatan gerhana matahari cincin juga akan dilakukan di Pulau Penyengat yang terletak tak jauh dari Tanjung Pinang.

Namun, karena beberapa masalah terkait pengangkutan alat pengamatan, rencana tersebut belum bisa dipastikan.

"Awalnya kami ingin di Pulau Penyengat juga diadakan. Di Balai Desa ini pasti akan bagus," kata Konsultan Pariwisata Wiwien Tribuwani saat ditemui Kompas.com.

"Tapi kendala membawa teropong menggunakan kapal pompong agak berbahaya juga," lanjutnya.

Alasan lain mengapa Pulau Penyengat bisa jadi opsi tempat melihat gerhana matahari cincin karena pulau ini salah satu asal berkembangnya ilmu Falak atau ilmu astrologi dalam kebudayaan Melayu.

Raja Ahmad yang menulis buku syair soal ilmu Falak mengembangkan ilmu tersebut di Pulau Penyengat.

Selain itu, dalam sejarah, Raja Ahmad dan kitabnya yang berkedudukan di Pulau Penyengat juga punya peran penting dalam memprediksi adanya gerhana matahari cincin yang terjadi ratusan tahun lalu.

Nah, selain di Tanjung Pinang, gerhana matahari cincin ini juga bisa diamati di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Siak, Padang Sidempuan, Sibolga, dan sebagian wilayah Kalimantan Barat seperti Singkawang.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/05/065500027/catat-tempat-melihat-gerhana-matahari-cincin-di-tanjung-pinang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke