Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikan Penis, Makanan Ekstrem dari Korea yang Dimakan Mentah


KOMPAS.com - Gaebul adalah salah satu makanan ekstrem dari Korea yang banyak dijual di pasar ikan. Bentuk gaebul terbilang aneh dan kurang menggugah selera makan. Warnanya pucat seperti cacing dan geraknya menggeliat membuat orang geli melihatnya.

Gaebul adalah cacing sendok laut yang punya nama ilmiah Urechis unicinctus. Dilansir dari Koreaherald, Gaebul sendiri dalam Bahasa Korea artinya penis anjing. 

Di China, gaebul disebut haichang, di Jepang diebut yumushi, sedangkan di negara Barat disebut penish fish (ikan penis). 

Selain bentuknya yang menjijikkan, penyajian gaebul di Korea tak kalah ekstrem. Gaebul umumnya disajikan mentah. 

Isi perut seperti usus akan di keluarkan bersamaan dengan kotoran lain. Bagian kulit gaebul ini yang dipertahankan untuk disajikan dan dimakan. Kulitnya dipotong kecil-kecil agar bisa dimakan dengan sekali gigit.

Bahkan setelah dipotong, potongan kulit gaebul masih menggeliat di piring saji. Untuk mengambilnya dengan sumpit akan menjadi tantangan tersendiri. Permukaan gaebul sangat licin karena berlendir.

Gaebul sendiri tidak memiliki banyak rasa, dilansir dari Atlasobscura, gaebul memiliki rasa agak manis. Teksturnya kenyal seperti karet sehingga harus digigit dengan sedikit tenaga.

Sensasi memakan gaebul ini bisa dirasakan saat memasukannya ke dalam mulut. Gaebul masih akan menggeliat di mulut dan lidah hingga kulit cacing dikunyah habis.

Bagi kamu yang tertarik dengan gaebul dan suka mencoba makanan ekstrem, kamu bisa mendapatkannya pasar ikan dengan mudah.

Pasar Grosir Perikanan Noryangjin di Seoul atau Pasar Jagalchi di Busan dapat jadi pilihan untuk membeli gaebul. Carilah penjual sashimi yang dapat membersihkan dan menyajikan gaebul langsung. 

https://travel.kompas.com/read/2019/12/14/141200327/ikan-penis-makanan-ekstrem-dari-korea-yang-dimakan-mentah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke