Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium, Wishnutama: Tak Perlu Khawatir

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan wisata super premium yang dilaksanakan di Labuan Bajo akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan.

Menurut Wishnutama, masyarakat tak perlu khawatir akan penyelenggaraan wisata premium di Labuan Bajo.

"Super premium di Labuan Bajo, saya melihat bahwa pemerintah bangun airport dengan landasan lebih panjang, hotel juga dibangun sangat banyak di sana. Artinya turis pasti akan lebih banyak dan bisa jual lebih mahal," kata Wishnutama dalam acara Indonesian Tourism Summit 2019 di Upperroom Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Terkait kekhawatiran masyarakat sekitar bahwa wisata super premium akan menghambat kunjungan wisatawan, Wishnutama menjawab hal tersebut sudah diantisipasi dengan cara tetap membangun desa wisata untuk wisatawan menengah.

"Ya tetap kita bangun untuk wisatawan menengah, kita akan fokuskan pada homestay. Jadi wisatawan akan menginap di rumah-rumah warga dan ini sudah pasti akan berdampak pada ekonomi masyarakat," jelasnya.

Wishnutama mengaku juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan beberapa kementerian lainnya dalam hal pembangunan desa wisata.

Guna membangun dan mewujudkan itu, ia berharap ekonomi kreatif dapat memberi dampak yang lebih baik untuk wisata di Labuan Bajo.

Contoh ekonomi kreatif di destinasi wisata super prioritas adalah pembuatan sovenir yang lebih menarik bagi wisatawan.

"Tentunya dengan bantuan ekraf. Bagaimana mendesain sovenir, pernak-pernik sesuai selera milenial," tambahnya.

Dalam sambutannya, Wishnutama juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya menyelesaikan infrastruktur dasar untuk 5 destinasi super prioritas pada 2020.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  bertugas untuk mempromosikan 5 destinasi super prioritas tersebut.

Seperti diketahui, Jokowi meminta Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super premium. Ia meminta pengelolaan wisata Labuan Bajo tidak bercampur dengan destinasi wisata untuk kalangan menengah ke bawah.

"Labuan Bajo ini super premium. Ini hati-hati. Saya sudah ingatkan hati-hati. Jangan sampai campur aduk super premium dengan yang menengah bawah," ujar Jokowi saat membuka Kompas 100 CEO Forum di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

https://travel.kompas.com/read/2019/12/17/171813027/labuan-bajo-jadi-wisata-super-premium-wishnutama-tak-perlu-khawatir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke