Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Naik Skytrain di Bandara Soekarno Hatta

Skytrain melayani pengunjung untuk perpindahan antar terminal 1, 2 dan 3 ataupun dari terminal ke Stasiun Bandara Soetta.

Untuk dapat menggunakan Skytrain, pengguna harus melalui shelter Skytrain yang terdapat di setiap Terminal, atau di Integrated Building yang terhubung dengan Stasiun Bandara Soetta.

"Penumpang datang harus ke masing-masing sub Shelter Skytrain, seperti Terminal 1 di Shelter Skytrain 1B," jelas Siswanto Singodimedjo Manager Airport Railway Station saat di hubungi oleh Kompas.com Jumat, (13/12 2019).

Untuk Stasiun Kereta Bandara berada di Shelter Stasiun Kereta Bandara. Jika di Terminal 2 ada di Shelter Skytrain Terminal 2E. Kemudian jika di Terminal 3 ada di Shelter Skytrain T3 lantai 2.

Penumpang harus mengunjungi masing-masing shelter terlebih dahulu. Skytrain akan datang dan berangkat setiap 30 menit sekali. Jadwal rute keberangkatan tertera jelas di setiap shelter.

Pengguna jasa Skytrain disediakan kursi atau tempat duduk untuk menunggu kereta datang. Terdapat petugas yang siap memberikan informasi kepada calon penumpang.

Jika kereta sudah tiba, beri jalan penumpang keluar terlebih dahulu. Setelah semua penumpang keluar, maka bisa masuk ke dalam Skytrain.

Ketika masuk ke dalam kereta penumpang disediakan tempat duduk. Selain itu juga ada tiang di tengah-tengah kereta agar bisa menjadi pegangan untuk para penumpang.

Jarak tempuh dari terminal ke terminal lain tidak memakan waktu yang lama.

Dari Shelter T1 ke Shelter Stasiun membutuhkan waktu tiga menit. Sedangkan dari Shelter KA Bandara ke T2 memakan waktu perjalanan selama dua menit.

Dari Shelter T2 ke Shelter T3 dibutuhkan wakti 5 menit. Jika dari Shelter T1 ke T3 memerlukan waktu 10 menit.

"Tidak ada (tempat barang) karena memang jarak sangat dekat," jelas Siswanto.

Terdapat dua jalur yang digunakan dalam operasi Skytrain yaitu Track A dan Track B. Tiap-tiap jalurnya dioperaskan dua gerbong di setiap Skytrain.

Penumpang dapat naik Kalayang secara gratis. 

https://travel.kompas.com/read/2019/12/21/121000427/cara-naik-skytrain-di-bandara-soekarno-hatta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke