Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pizza, Spaghetti, dan Kopi Susu Andaliman, Apa Rasanya?

Selain untuk makanan tradisional khas Batak, andaliman sekarang juga dapat dirasakan di hidangan internasional dan minuman. Cafe Pizza Andaliman, restoran yang berada di Balige, Kabupaten Toba Samosir menyediakan berbagai hidangan internasional dibumbui andaliman. Tertarik mencoba?


1. Pizza Andaliman

Pizza yang berasal dari Italia, memiliki cita rasa makanan Batak setelah ditambahkan andaliman. Jika dilihat, wujud dari pizza andaliman tidak beda jauh dengan pizza-pizza pada umumnya. Perbedaan pizza andaliman berada di sausnya.

Adonan pizza pada umumnya dilumuri oleh saus tomat, sedangkan pada pizza ini saus tomat diganti saus andaliman. Saus andaliman terbuat dari andaliman yang digiling halus lalu, ditambah bumbu kacang, cabai dan sedikit perasan jeruk nipis. 

Pizza andaliman dilengkapi dengan topping sayur-sayuran seperti, potongan wortel, kol, kacang panjang, daun bawang, dan jagung. Selain itu juga sertakan topping sosis, teri medan, mayones, dan keju mozzarella.

Penikmatnya tidak menemukan andaliman utuh di topping pizza. Sebab tekstur andaliman sendiri terbilang keras saat digigit dan rasanya sangat pedas.

Jika rasa andaliman masih kurang, pizza disajikan dengan saus andaliman terpisah, mayonaise dan saus sambal.

Jika dilihat secara kasat mata, spaghetti andaliman tidak memiliki penampilan yang mencolok. Spaghetti andaliman tetap menggunakan saus bolognese.

Namun yang membedakan saus bolognese dicampur dengan andaliman yang sudah digiling halus. Meskipun andaliman tidak terlihat utuh, tetapi rasanya masih sangat kuat.

Andalimanya berpadu dengan saus bolognese yang dominan dengan tomatnya, sehingga rasanya tidak terlalu pedas.

Rasa pedas dari bolognese yang biasanya berasal dari lada hitam, kini diganti dengan andaliman. Rasa gurih dari bawang putihpun juga sangat terasa.

Ditambah dengan rasa gurih yang creamy dari parutan keju. Spagetti andaliman memiliki cita rasa yang kaya. Terdapat cita rasa asin, manis, gurih, dan pedas.

Namun siapa sangka kini sudah ada kopi susu yang dicampur dengan buah andaliman. Agar bisa diterima dengan lidah masyarakat, kopi susu andaliman memiliki rasa kopi yang tidak begitu kuat tetapi rasa susunya lebih dominan.

Kopi andaliman memiliki rasa yang manis disusul dengan rasa pedas dari andaliman.

Selain itu kopi andaliman juga memiliki rasa yang kuat dari batang sereh. Jika kamu ingin menikmati Kopi andaliman mungkin sebaikanya mencicipi sedikit demi sedikit terlebih dahulu.

Sebab rasa dari kopi andaliman akan terasa aneh bagi orang yang tidak terbiasa menikmati andaliman. Dalam kopi susu masih terdapat buah andaliman yang belum digiling halus dan masih terasa tekstur buahnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/23/190300227/pizza-spaghetti-dan-kopi-susu-andaliman-apa-rasanya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke