Salin Artikel

10 Oleh-oleh Kekinian Bandung yang Wajib Kamu Beli

KOMPAS.com – Saat wisata ke Bandung, Jawa Barat, jangan lupa beli oleh-oleh khas kota ini. Oleh-oleh makanan bisa jadi pilihan. Ada beberapa pilihan oleh-oleh kekinian yang bisa jadi camilan.

  • 7 Oleh-oleh Makanan Serba Manis Khas Bandung
  • 5 Oleh-oleh Kesenian Khas Bandung, Wayang Golek hingga Angklung
  • 6 Oleh-oleh Khas Bandung, Serba Camilan yang Gurih

Berikut ini 10 oleh-oleh kekinian yang wajib kamu coba saat liburan di Bandung.

Hingga kini ada lima pilihan varian Bolu Susu Lembang, yakni Colenak, Coklat Kacang, Susu Coklat, Original, dan Susu Vanilla.

Bentuk bolu ini adalah dua rangkaian bolu yang disusun atas bawah. Di bagian atasnya dilapisi dengan custard susu sesuai dengan varian rasa. Lalu diberi taburan keju, kelapa, atau kacang yang nikmat.

Tiap satu kotak Bolu Susu Lembang dihargai Rp 33.000 – Rp 34.000 jika kamu membeli di toko resmi.

Jika kamu membeli di toko reseller, maka harganya bisa lebih mahal. Lokasi gerai utamanya sendiri ada di Lembang, tak terlalu jauh dari Alun-alun Lembang.

Selain bolu, toko ini mengeluarkan produk terbarunya berupa Surabiyaki Saus Cokelat dan Surabiyaki Saus Durian.

Mulai dari Kunafe Cheese, Kunafe Greentea, Kunafe Chocolate, Kunafe Tiramisu, Kunafe Nutella, dan Kunafe Durian.

Bentuk kue ini bulat dan agak tebal. Rupanya seperti kue-kue cantik pada umumnya, dengan dasar Japanese Cheese Cake dan diberi isian berbagai rasa krim yang nikmat.

Harga kue Kunafe dibanderol mulai dari Rp 68.000 – Rp 75.000 per kotaknya.

Lokasi gerainya sendiri cukup banyak di beberapa titik toko dan pop up store di mal. Namun salah satu yang pertama ada di Jalan Banda, Nomor 23, Citarum, Bandung.

Salah satu varian populer adalah Kue Balok Brownies Mahkota. Kue Balok ini punya ciri khas rasa brownies yang kaya dan agak pahit. Tak terlalu manis sehingga tak membuat lidah terasa kelu saat memakannya.

Tak hanya itu saja, wangi coklat yang khas dan lelehan kue ketika masuk ke mulut jadi alasan kue balok ini wajib kamu coba dan jadikan oleh-oleh.

Setiap satu kotak kue balok brownies dijual seharga Rp 25.000 – Rp 30.000.

Alamat Gerai Kue Balok Brownies Mahkota ada di Jalan Sabang, Nomor 27, Bandung. Mulai buka setiap hari pukul 09.00 – 20.00 WIB.

4. Baso Aci

Beberapa tahun ini, baso aci semakin populer. Banyak warung baso aci tersebar di penjuru kota Bandung. Tak hanya itu saja, baso aci pun kini populer dalam bentuk kemasan praktis yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Kamu bisa beli di Bakso Aci Masjay terletak di Jalan Pahlawan Nomor 43 Bandung, Jawa Barat, dengan harga Rp 20.000-an.

Bisa juga ke Baso Aci Ganteng yang terletak di Jalan Gegerkalong Girang Nomor 69, Bandung, Jawa Barat. Harga per porsi mulai Rp 18.000.

Pilihan lain adalah Baso Aci Akang. Satu porsi paket makan bakso aci dari Baso Aci Akang dibanderol mulai Rp 19.000 sampai Rp 25.000.

Kamu yang berada di Bandung bisa langsung kunjungi lokasi Baso Aci Akang di Jalan Gatot Subroto Nomor 159, Samoja, Bandung, Jawa Barat.

Umumnya, rasa baso aci yang asam pedas gurih, membuatnya cocok dinikmati saat suasana dingin dan sedang hujan.

Isiannya termasuk baso aci isi daging dan kacang, sukro cikur, batagor siomay, cabai kering, bumbu jeruk, dan minyak bawang.

Cara pembuatannya juga mudah. Baso aci hanya perlu direbus sebentar, lalu tuangkan air panas besar baso aci yang telah matang ke dalam mangkuk beserta isian lainnya serta bumbu di dalamnya.

Kue ini berupa sejenis kue spons yang diberikan balutan pastry di bawahnya lalu diberi saus sesuai varian.

Ada beberapa varian rasa di Bandung Makuta, di antaranya Makuta Blueberry, Makuta Cheese, Makuta Caramel, Makuta Lemon, Makuta Chocolate, Makuta Double Cheese, Makuta Choco Cheese, Makuta Cassava Cheese, Makuta Green Tea Cheese, dan Makuta Strawberry.

Kue Bandung Makuta tahan selama tiga hari. Setiap kotak Makuta Bandung dibanderol dengan harga Rp 65.000 – Rp 75.000.

Lokasi gerai Makuta di Bandung ada di Jalan Van Deventer, Nomor 2, Bandung. Gerai ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.


6. Tahu Susu Lembang

Tak lengkap jika berkunjung ke Lembang lalu tak membeli tahu susu Lembang yang khas.

Tahu ini memiliki rasa yang cukup berbeda dengan tahu biasanya. Tahu susu Lembang terasa gurih dan nikmat, tidak berair juga lembut.

Pengunjung bisa membeli tahu dengan beberapa bentuk, tahu susu yang sudah digoreng atau yang masih mentah.

Jika ingin membawa untuk oleh-oleh, disarankan untuk membeli yang mentah saja karena tahu susu paling nikmat jika dimakan panas-panas.

Harga satu pak tahu susu berkisar antara Rp 15.000 – Rp 25.000. Untuk tahu susu mentah, karena tidak pakai pengawet maka disarankan setelah dijadikan oleh-oleh langsung diolah.

Lokasi gerai tahu susu lembang ada di Jalan Raya Lembang-Bandung, No.177 dan buk setiap hari pukul 08.00 – 19.00 WIB.

7. Kopi Aroma

Kopi Aroma jadi merk kopi paling legendaris dari Bandung. Kopi Aroma tak dijual di toko berbentuk kafe melainkan pabrik kopi langsung.

Kamu akan menemukan berbagai macam vairan kopi bubuk atau bijian. Biji kopi di kopi Aroma ini masih diproses dengan proses tradisional.

Kopi Aroma diproses dengan peralatan tradisional membuat rasa kopi Aroma begitu khas. Untuk bisa mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi toko kopi Aroma di Jalan Banceuy, Nomor 51, Bandung.

Harga yang dibanderol adalah sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 per seperempat kilogram. Toko Kopi Aroma buka setiap Senin – Sabtu pukul 08.30 – 14.30 WIB.

Terdapat berbagai macam varian rasa, seperti Almond, Cheese Blonde, Cheese Sandwich, Choco Mango, Kopyor, Capuchino, dan masih banyak lagi.

Bentuk rotinya cantik, berukuran mini dengan beragam topping dan rasa yang nikmat. Harganya sendiri sangat terjangkau, hanya Rp 2.000 per buah. Tinggal disesuaikan kamu ingin membeli berapa roti.

Toko Roti Leutik terletak di beberapa spot di Kota Bandung, salah satunya di Jalan Karawitan, No.62, Turangga, Bandung. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Berbagai pilihan patisserie yang bisa kamu pilih di antaranya chewy soes, brownies durian bakar, buttercake durian, mille crepe durian, dan nastar durian. Rasanya pun nikmat, dengan wangi dan rasa durian yang khas sangat memanjakan pecinta durian.

Gerai Belah Doeren ada di Jalan Progo, No.3, Citarum, Bandung. Toko buka setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB. Harga tiap menu dibanderol sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000.

Berbentuk balok persegi panjang, lalu bolu dipotong di tengah dan diberi olesan mentega room butter dan ditambah filling atau isian. Setelahnya, bolu kemudian dibakar.

Pilihan isiannya bermacam-macam. Mulai dari keju, coklat, durian, kacang, roombutter original, strawberry, kopi, kelapa, nanas, abon, hingga tuna.

Harganya pun bervariasi tergantung isian yang dipilih. Mulai dari Rp 38.000 – Rp 55.000 per kotaknya.

Bolu Bakar Tunggal akan terasa lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan panas. Maka dari itu, jika dibawa untuk oleh-oleh jangan lupa dihangatkan lebih dahulu supaya rasanya tetap nikmat.

Gerai Bolu Bakar Tunggal berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, No. 570 – 574, Bandung dan buka Senin – Sabtu pukul 07.00 – 18.00 dan Minggu pukul 09.00 – 21.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/24/070800727/10-oleh-oleh-kekinian-bandung-yang-wajib-kamu-beli

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.