Salin Artikel

Wisata Anak, 10 Aktivitas di Jakarta untuk Isi Liburan Sekolah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergantian tahun telah tiba. Saatnya bagi kamu dan keluarga untuk merayakannya dengan mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Jakarta.

Saat merayakan tahun baru, kamu bisa ajak anak melakukan aktivitas menarik sebagai sarana edukasi selama liburan.

Berikut pilih tempat wisata anak di Jakarta yang menyajikan aktivitas menarik.

1. Belajar Ekosistem Lingkungan

Melalui teamLab Future Park, kamu akan dibawa masuk ke dalam ruang Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn.

Di sana, kamu dapat mewarnai berbagai macam gambar hewan yang telah disediakan. Setelah selesai, gambar akan melalui proses scanning sehingga dapat diproyeksikan ke dinding dan lantai ruangan tersebut.

Gambar yang telah kamu warnai kemudian akan muncul dan bergerak. Jika kamu tekan gambarnya, maka mereka akan berubah menjadi percikan bunga warna-warni.

Gambar yang bergerak tidak akan diam di tempat. Kamu dapat mengikuti gambar tersebut kemana saja mereka bergerak.

Tidak hanya itu, setiap langkah yang kamu lakukan di ruangan tersebut akan menciptakan percikan bunga yang bergerak.

Apabila kamu diam di tempat, maka bunga akan tumbuh di sekitarmu.

Kamu juga bisa menempelkan tangan ke dinding dan mengusapnya agar muncul serangkaian bunga warna-warni yang bergerak.

Ruangan ini akan mengajarkanmu mengenai ekosistem lingkungan.

Seluruh gambar yang bergerak mengilustrasikan bahwa setiap makhluk hidup saling bergantung satu sama lain. Dengan begitu, terciptalah ekosistem kehidupan.

Untuk bermain dalam ruang Sliding Through The Fruit Field, kamu harus melepas sepatu agar display interaktif yang memiliki sensor sensitif tidak terganggu.

Ketika kamu meluncur, tempat yang kamu duduki akan mengeluarkan sinar matahari.

Kemudian, seluruh gambar buah yang bertebaran di perosotan tersebut akan terbelah dan menciptakan letusan kembang api warna-warni.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat berbagai macam bola yang melambung ke sana kemari melalui display tersebut.

Jika bola-bola tersebut melambung ke arah dedaunan, kamu akan melihat bola menyentuh gambar daun, lalu daun tersebut secara perlahan akan menumbuhkan bunga berwarna putih.

Jika bola menyentuh daun yang sudah berbunga, maka bunga akan berjatuhan.
Melalui aktivitas ini, kamu dapat mengajarkan anak perbedaan setiap buah yang ada di dunia.

Melalui ruang Sketch Christmas, kamu akan diberikan kertas yang telah berisi gambar bangunan, kendaraan, Santa Claus, dan hal-hal bertemakan natal.

Setelah selesai mewarnai gambar-gambar tersebut, gambar akan muncul di dinding ruangan dan bergerak setelah melalui proses scanning.

Setiap gambar yang bergerak di dinding berasal dari seluruh masyarakat yang berkunjung. Dengan banyaknya jenis gambar, dinding akan berubah menjadi sebuah kota interaktif yang akan dikunjung Santa Claus.

Tidak hanya mewarnai, para pengunjung juga dapat melakukan dekorasi terhadap kota tersebut.

Gambar yang tampil dalam ruangan ini memiliki interaksi yang berbeda-beda jika ditekan. Beberapa barang akan berlompatan ketika ditekan, sementara Santa Claus akan memberikan hadiah natal.

Terkadang, Santa Claus juga akan melambaikan tangan ke arahmu jika kamu berdiri diam dekat dinding interaktif tersebut.

Lalu, jika kamu menekan mobil, maka mobil akan bergerak dengan cepat.

Jika kamu menggelindingkan bola warna-warni tersebut, maka bola akan mengeluarkan alunan musik orkestra. Setiap bola memiliki alunan musik yang berbeda.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menyentuh bola yang berada di langit-langit ruangan.

Sama seperti bola raksasa yang di lantai, bola langit-langit ini juga akan mengeluarkan musik orkestra. Namun, jika kamu sentuh satu bola raksasa, seluruh bola yang berada di langit-langit akan berubah warnanya.

Jika kamu ingin bermain di salah satu ruang teamLab Future Park ini, terdapat peraturan yang harus diikuti.

Pertama, kamu harus melepas sepatu. Kemudian, bola juga tidak boleh ditendang, ditindih, dan dilempar. Hanya boleh digelindingi saja.

Jika kamu menggunakan bola lantai untuk menyentuh bola langit-langit, maka kamu harus menaruh kembali bola lantai dengan sangat pelan.

Hewan yang ditampilkan dalam dinding interaktif terbuat dari berbagai macam bunga warna-warni.

Ketika kamu sentuh gambar tersebut, maka bunga yang terdapat pada hewan akan tumbuh semakin besar. Kemudian, bunga-bunga tersebut akan tersebar di dinding dan menghilang secara perlahan.

Dalam ruangan ingin, seluruh hewan memiliki suaranya masing-masing. Jika kamu sentuh salah satu gambar hewan, gambar tersebut akan mengeluarkan suara.

Seluruh pameran seni interaktif dari teamLab Future Park berada di Lantai 2 Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pameran akan berlangsung hingga 5 Januari 2020 dengan jam operasional dari pukul 10:00 WIB hingga 22:00 WIB.

Kamu dapat membeli tiket seharga Rp 200.000 untuk hari biasa, dan Rp 250.000 untuk akhir pekan, hari libur nasional, dan libur sekolah di booth yang telah disediakan di pintu masuk pameran.

Jika kamu memiliki anak di bawah usia 13 tahun, maka mereka tidak boleh masuk tanpa pendamping.

Tidak seperti permainan pada umumnya, flying fox yang berada di Main Atrium Gandaria City berada tepat di atas kolam bola. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika mereka jatuh.

Selain itu, Winter Holiday Playland juga merubah sebuah bola raksasa menjadi tempat duduk bagi si kecil ketika sedang meluncur dari stasiun flying fox demi kenyamanan mereka.

Tidak itu saja, dalam area Main Atrium juga terdapat banyak aktivitas anak yang dapat dilakukan, seperti trampolin, bongkar pasang, tata rias hingga masak-masakan.

Harga tiket yang ditawarkan adalah Rp 100.000 untuk hari biasa, dan Rp 125.000 untuk akhir pekan. Durasi untuk bermain dalam area tersebut adalah 45 menit.

Aktivitas bermain ini dapat kamu kunjungi hingga 12 Januari 2020.

Pasalnya, si kecil tidak hanya dapat memilih kostum karakter Disney kesukaannya, juga akan diberi riasan untuk menyerupai karakter tersebut.

Ketika pemakaian kostum dan riasan selesai, mereka akan berfoto di sebuah studio yang telah dihias sedemikian rupa untuk menyerupai halaman belakang sebuah kastil megah.

Berlangsung hingga 12 Januari 2020 di Pondok Indah Mall 2, acara Royal Princess menawarkan empat paket kostum, dan empat aksesoris pelengkap dengan harga berbeda-beda.

Untuk Royal Package seharga Rp 250.000, kamu akan mendapatkan Princess Makeup, Princess Hairdo, Princess Costume, foto berukuran 6R, dan suvenir tiara.

Sementara Royal Deluxe Package yang mematok harga Rp 300.000, kamu akan dapat Princess Makeup, Princess Wig, properti dari karakter yang kostumnya digunakan untuk berfoto, Princess Costume, foto berukuran 6R, dan suvenir tiara.

Queen Package menawarkan harga Rp 350.000 untuk riasan dengan tambahan bulu mata palsu, Princess Hairdo, Adult Princess Costume, dan foto berukuran 6R.

Jika kamu memiliki anak laki-laki, kamu dapat mencoba Prince Package seharga Rp 175.000 yang dilengkapi dengan Prince Costume, properti dari karakter yang kostumnya digunakan untuk berfoto, dan foto berukuran 6R.

Sementara untuk empat aksesoris pelengkap ada wig, face painting, dan nail art dengan masing-masing harga Rp 50.000, dan kutek kuku seharga Rp 30.000.

Penyewaan kostum tidak bergantung pada umur anak, melainkan pada bentuk tubuh.

Jika anak memiliki bentuk tubuh kecil, maka mereka dapat menggunakan Royal Package, Royal Deluxe Package, dan Prince Package.

Jika anak memiliki bentuk tubuh besar, maka mereka dapat menggunakan Queen Package.

Untuk perosotan es, kamu dapat menemaninya dari samping perosotan dan melihat mereka bermain dengan menggunakan papan selancar kecil berwarna hijau.

Papan selancar untuk perosotan es dapat digunakan maksimal untuk dua orang. Jika kamu memiliki anak berusia di bawah 5 tahun, maka harus ada pendamping.

Untuk bermain salju, kamu dapat menuju ke wahana bermain yang berada tepat di belakang perosotan es. Di sini, anak dapat merasakan bagaimana bermain dan membuat kontak dari salju.

Sama seperti perosotan es, anak berusia di bawah 5 tahun harus bersama dengan pendamping jika ingin bermain dalam wahana salju.

Durasi untuk bermain di dua wahana tersebut maksimal 30 menit dengan biaya masuk sebesar Rp 105.000. Baik untuk dewasa maupun balita.

Perlengkapan yang harus disiapkan sebelum kamu mengajak anak bermain di dua wisata anak ini adalah pakaian tebal dan sarung tangan. Sebab, kamu tidak akan mendapatkannya dari pihak penyelenggara wahana.

Jika ingin berkunjung, Snow Playground & Ice Slide buka dari pukul 10:00 – 22:00 WIB setiap hari.

Apabila kamu ingin coba berseluncur di es namun belum memiliki kemampuan yang memadai, tidak perlu khawatir.

Ice Skating yang berada di Atrium Pondok Indah Mall 2 menyediakan jasa pelatih khusus. Dengan begitu, kamu atau si kecil bisa bermain seluncur es dengan aman.

Meski sebenarnya pelatih khusus hanya disediakan untuk anak berusia di bawah 5 tahun dengan harga Rp 240.000 dengan minimal durasi 1 jam, namun kamu juga bisa menyewa jasa tersebut seharga Rp 120.000 selama 30 menit.

Selama bermain dalam area Ice Skating, fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah asuransi dan penyewaan sepatu khusus untuk berselancar es.

Sementara fasilitas lain seperti dolphin yang dapat kamu gunakan untuk mendorong si kecil akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 60.000 selama 1 jam.

Sebelum kamu mengunjungi wisata anak yang berakhir pada 12 Januari 2020, kamu harus menyiapkan pakaian hangat, sarung tangan, dan helm untuk digunakan ketika bermain nanti.

Wisata anak ini buka setiap hari mulai dari 10:15 – 21:00 WIB.

Kawasan yang sudah terkenal sejak lama akan bangunan-bangunan bersejarah khas Batavia ini akan memberi pengalaman tersendiri setiap kali kamu mengunjunginya.

Jika kamu mengunjungi Kota Tua, kamu akan melihat beberapa museum ternama seperti Museum Sejarah Indonesia (Museum Fatahillah), Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik Indonesia yang memiliki berbagai macam jenis instalasi seni menarik.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat banyak sekali wisata anak yang dapat dicoba seperti bermain sepeda warna-warni di Fatahillah Square, atau berfoto dengan para cosplayer dengan kostum beragam.

Bahkan, kamu juga bisa mengunjungi Museum Bank Indonesia apabila kamu berjalan keluar dari area Fatahillah Square.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/25/153900927/wisata-anak-10-aktivitas-di-jakarta-untuk-isi-liburan-sekolah-

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Libur Nataru, Wisata Gunung Pandan di Aceh Tamiang Tutup

Libur Nataru, Wisata Gunung Pandan di Aceh Tamiang Tutup

Travel Update
10 Fakta Menarik Gunung Semeru, Rumah Tertinggi Sepasang Arca Kuno

10 Fakta Menarik Gunung Semeru, Rumah Tertinggi Sepasang Arca Kuno

Jalan Jalan
Erupsi Gunung Semeru Tak Berdampak pada Wisata Bromo

Erupsi Gunung Semeru Tak Berdampak pada Wisata Bromo

Travel Update
Pendakian Gunung Semeru Bukan Tutup karena Erupsi, Tapi karena PPKM

Pendakian Gunung Semeru Bukan Tutup karena Erupsi, Tapi karena PPKM

Travel Update
Pihak TNBTS Tegaskan Tak Ada Pendaki Saat Gunung Semeru Erupsi

Pihak TNBTS Tegaskan Tak Ada Pendaki Saat Gunung Semeru Erupsi

Travel Update
Erupsi Gunung Semeru Tak Pengaruhi Bandara Malang

Erupsi Gunung Semeru Tak Pengaruhi Bandara Malang

Travel Update
Bandara Banyuwangi Masih Layani Penerbangan, Meski Gunung Semeru Meletus

Bandara Banyuwangi Masih Layani Penerbangan, Meski Gunung Semeru Meletus

Travel Update
2,92 Juta Orang Lakukan Penerbangan Domestik pada OKtober 2021

2,92 Juta Orang Lakukan Penerbangan Domestik pada OKtober 2021

Travel Update
Erupsi Gunung Semeru, Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Tetap Aman

Erupsi Gunung Semeru, Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Tetap Aman

Travel Update
Bandara Juanda di Sidoarjo Tak Terdampak Letusan Gunung Semeru

Bandara Juanda di Sidoarjo Tak Terdampak Letusan Gunung Semeru

Travel Update
Jembatan Gladak Perak Lumajang Hancur Kena Erupsi Semeru, Lalu-lintas Dialihkan via Probolinggo

Jembatan Gladak Perak Lumajang Hancur Kena Erupsi Semeru, Lalu-lintas Dialihkan via Probolinggo

Travel Update
6 Fakta Jembatan Gladak Perak Lumajang yang Hancur Diterjang Erupsi Gunung Semeru

6 Fakta Jembatan Gladak Perak Lumajang yang Hancur Diterjang Erupsi Gunung Semeru

Jalan Jalan
4 Benda di Kamar Hotel yang Boleh Dibawa Pulang, Ada Sabun dan Sampo

4 Benda di Kamar Hotel yang Boleh Dibawa Pulang, Ada Sabun dan Sampo

Travel Tips
Kongres JKPI ke-V di Bogor Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan di Indonesia

Kongres JKPI ke-V di Bogor Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan di Indonesia

Travel Update
5 Atraksi Menarik Desa Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 UNWTO

5 Atraksi Menarik Desa Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 UNWTO

Jalan Jalan
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.