Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Oleh-oleh Khas Surabaya, Spikoe hingga Almond Crispy

Jika tengah di Kota Pahlawan tersebut, kamu bisa berkeliling seharian penuh untuk menikmati jajanan dan makanan khas Ibu Kota Jawa Timur ini.

Kalau belum puas, kamu bisa membawa kuliner khas Surabaya untuk dibawa pulang ke kampung halaman dan menikmatinya bersama kerabat hingga keluarga.

Berikut tujuh rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang dirangkum Kompas.com.

Proses pembuatannya menggunakan telur yang sangat banyak sehingga teksturnya sangat lembut.

Terdapat dua lapis dalam satu spikoe, kue cokelat dan original. Kue lapis resep kuno menghadirkan manis dari roti, sedikit asam dari selai dan kismis.

Bagian cokelatnya terdapat rasa sedikit pahit, khas cokelat. Kue dari Spikoe Resep Kuno Surabaya terdiri dari beberapa varian: spikoe lapis raisin, spikoe tanpa kismis, spikoe prunes, spikoe speculaas.

Kamu bisa mendapatkan lapis Spikoe di Jalan Rungkut Madya No.41, Rungkut, Rungkut Kidul, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Harga dari Spikoe Resep Kuno Surabaya mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 290.000.

Sekali menikmati camilan satu ini, dijamin penikmatnya akan ketagihan.

Dengan cita rasanya yang lezat dan mampu manjakan lidah, tidak ada salahnya apabila Almond Crispy masuk ke dalam daftar panganan dan camilan yang wajib kamu coba.

Dalam satu Almond Crispy terdapat kue garing yang manis, di atasnya diberi taburan kacang almond dan keju. Makanan ini semakin naik daun dan banyak menambah varian rasa.

Kamu bisa menemui Almond Crispy rasa original, green tea, mocca, dan cokelat.

Jika ingin menikmati satu kotak Almond Crispy, kamu harus mengeluarkan kocek sebanyak Rp 50.000 hingga Rp 60.000.

Kamu bisa mengunjungi Jalan Basuki Rahmat No.72, Tegalsari, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya. Selain itu Almond Crispy bisa didapat di seluruh pusat oleh-oleh di Subaya.

Untuk tingkat pedasnya jangan ditanya, dijamin ketagihan. Rasa pedas yang dihadirkan sambal bawang berbaur dengan rasa gurih dari bawang merah. Kemudian sambal terasinya juga memiliki rasa yang pedas dan asin.

Untuk harga dari sambal bawang dipatok dengan harga Rp 24.000, sambal ijo dan sambal trasi dihargai Rp 27.000.

Kamu bisa membeli sambal Bu Rudy secara online di http://depotburudy.com atau mendatangi Depot Bu Rudy di Jalan Anjasmoro No.45, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.

Selain sambal kamu juga bisa membawa pulang aneka kue kering, udang goreng kering, camilan tradisional dan masih banyak lagi.

Dirintis sejak tahun 1988 yang lalu oleh Tjio Le Loe dan Kho Sioe Yan, awalnya tempat ini menawarkan kue cakwe polos pada umumnya.

Namun di tahun 1994 yang lalu, mereka berinovasi membuat cakwe yang ternyata digemari oleh para pelanggan yang datang.

Terdapat cakwe udang yang nagih. Cakwe polos yang ditengahnya diberi adonan udan dan sedikit potongan sayur-sayuran. Kemudian dihidangkan dengan saus tomat asam manis.

Cakue Peneleh berada di Jl. Bunguran No. 45, Bongkaran, Surabaya. Tepatnya berada di Pasar Ato Lama Tahap III, lantai I. Kedai sederhana yang selalu ramai pengunjung itu mulai buka pukul 09:00 hingga 17:00 WIB.

Usahakan untuk datang lebih awal supaya tidak antri lama. Satu buah cakwe original dipatok Rp5.000. Sementara yang rasa udang dibanderol Rp6.000. 

Cak-Cuk adalah trademark resmi untuk sebuah kaus oblong yang bertuliskan tentang seluk beluk kota Surabaya. Nama Cak Cuk berasal dari dua kata: Cak dan Cuk.

Cak adalah nama sapaan untuk pria dewasa dalam bahasa Surabaya yang memiliki arti sama seperti mas atau bang. Cuk merupakan kata umpatan khas Surabaya.

Berbagai cendera mata bertemakan Surabaya bisa di temukan di toko baju ini, seperti kaus, pin, magnet, patung, mug, tas, remi.

Harga yang ditawarkan beragam dari mulai Rp 5.000 untuk pin; dan kaus dihargai mulai Rp 44.000, untuk anak-anak; dan Rp 64.000 untuk dewasa.

Untuk mendapatkan kaus ini kamu bisa mengunjungi salah satu toko Kaos Cak-cuk yang berada di Jalan Dharmawangsa Barat No.35, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

Bogem atau Sonnetaria adalah nama buah dari pohon mangrove yang bisa diolah menjadi makanan. Hutan Wisata Mangrove Surabaya merupakan wisata yang menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi.

Kamu bisa membeli oleh-oleh unik ini di Jalan Sonnetaria, Rungkut, Surabaya. Untuk sekotak jenang berisi 12 buah, dihargai mulai Rp10.000.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/27/104400427/6-oleh-oleh-khas-surabaya-spikoe-hingga-almond-crispy

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke